Terminal Tipe A Tangkoko Bitung, Terminal Serasa Bandara

Loading

BITUNG (Independensi.com)
Terminal Serasa Bandara. Ini adalah tagline Terminal Tipe A Tangkoko Bitung, Sulawesi Utara.

Tapi itu juga bukan sekedar tagline. Kenyataanya Terminal Tipe A Tangkoko Bitung sangat nyaman, bersih dan rapi sebagaimqna hal nya bandara.

Sejumlah fasilitas seperti yang ada di bandara juga ada di sini. Misalnya ruang tunggu berpendingin udara yang dilengkapi dengan tenant seperti makanan dan penjual UMKM, ruang kesehatan dan laktasi, fasilitas difabel, ATM gallery, photo booth, mesin antrian, mesin survey kepuasan masyarakat, free wifi dan port charger, announcement, dan fasilitas protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Pada hari ini kita menyaksikan peresmikan Terminal Tipe A Tangkoko Bitung sebagai “Terminal Serasa Bandara”. Menurut saya ini memang sudah seperti bandara,” kata Dirjen Perhubungan Darat
Budi Setiyadi dalam sambutannya di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung, Sabtu (10/4)

Budi yang didampingi Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Popik Montanasyah menambahkan, terminal memang tidak perlu terlalu besar tapi yang terpenting fasilitas dan pelayanannya dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

“Kalau membangun terlalu luas memang akan boros anggaran sementara APBN terbatas. Saat ini kami membuat skema-skema kerjasama untuk terminal sehingga dapat dikerjasamakan dengan pihak swasta,” ujar Budi.

Peningkatan kualitas dan pelayanan Terminal Tipe A terus dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan. Kenyamanan para penumpang adalah salah satu hal yang ingin dicapai dalam pembenahan Terminal Tipe A.

Pada prinsipnya kehadiran Pemerintah adalah untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Semenjak 2018, sebanyak 125 Terminal Tipe A di Indonesia sudah diserahkan ke Pemerintah Pusat yaitu Kemenhub.

Ditambahkan oleh Budi, konsep terminal tidak hanya sebagai tempat naik turunnya penumpang saja tapi juga harus memberikan efek ekonomi.

“Menurut saya untuk wilayah Indonesia Timur, khususnya Sulawesi yang terbagus terminalnya memang di Tangkoko. Selamat kepada masyarakat di Bitung karena sudah memiliki terminal yang serasa bandara,” ujar Dirjen Budi.

Kepala BPTD Wilayah XXII Sulawesi Utara, Renhard Ronald mengatakan bahwa pihaknya ingin mewujudkan pelayanan Terminal Tipe A Tangkoko Bitung yang prima.

Selain menyediakan fasilitas sebagaimana layaknya yang ada di bandara, jugw terdapat beberapa kerajinan, yang semakin mdnambah keindahan di Terminal Tipe A Tangkoko Bitung seperti tulisan dan gambar mural pada tembok terminal, art gallery di dalam terminal karya seniman lokal, serta tulisan filosofi “SI TOU TIMOU TUMOU TOU” yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan orang lain. (hpr)