Yayasan Buddha Tsu Chi Salurkan Satu Juta Paket Beras dan Masker di Pulau Jawa

JAKARTA (Independensi.com) – Yayasan Buddha Tsu Chi menyalurkan satu juta paket beras dan masker bagi warga terdampak pandemi covid-19 di enam provinsi di Pulau Jawa.

Pemberian bantuan ini, terkait dengan perayaan Tahun Baru Imlek yang memiliki penuh makna bagi masyarakat Tionghoa. “Perayaan Imlek ini merupakan satu akar budaya momen seluruh keluarga berkumpul dan saling berbagi rezeki, kebahagiaan dan lain-lain,” kata Relawan Yayasan Buddha Tsu Chi, Usman Sutanto dalam sambutan tertulisnya ketika menyerahkan bantuan paket sembako dan masker di Kelurahan Paseban, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Sabtu (10/4/2021).

 Usman Sutanto

Di tengah kondisi pandemi covid-19, kata Usman Sutanto, perayaan Imlek dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan dan keprihatinan dengan kondisi masyarakat yang terdampak baik secara kesehatan, ekonomi  dan sosial.

Menurut Usman Sutanto, perayaan Imlek tahun 2021 mengusung tema “Untukmu Negeri Kami Berbakti”. Panitia Imlek 2021 Pengusaha Peduli NKRI bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia  beserta Pemerintah Daerah menyalurkan bantuan satu juta paket beras dan masker kepada masyarakat di enam provinsi di Pulau Jawa yang terdampak pandemi covid-19.

“Apa yang kami lakukan hari ini merupakan rangkaian penyaluran bantuan sembako masing-masing 10 kg dan masker tersebut,” kata Usman Sutanto yang didampingi sejumlah relawan Yayasan Buddha Tsu Chi.

Tim relawan Yayasan Buddha Tsu Chi

Penyaluran bantuan di Kecamatan Senen tersebut yang dibarengi vaksinasi covid-19 bagi 100 warga berusia lanjut (lansia) tersebut  juga dihadiri Kompol Ewo Samono SH (Kapolsek Kecamatan Senen), Peltu Djoko (mewakili Dandim Jakarta Pusat), Sanusi (Dewan Kota Kecamatan Senen), Ibu Junita Singarimbun SKM (mewakili Lurah Paseban Bapak Mohammad Soleh), Lembaga Masyarakat Kelurahan (LMK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Karang Taruna dan H Yahya Bone (Ketua RW 05) dan para Ketua RT di wilayah RW 05 Paseban.

Penyaluran bantuan sembako dan masker tersebut, menurut  Usman Sutanto, sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu di sejumlah wilayah di Indonesia.  “Hari ini di Jakarta juga dilakukan di sejumlah titik seperti di Kecamatan Kemayoran, Kecamatan Tanah Abang dan Kecamatan Senen dan lainnya. Kebetulan kami menyalurkan untuk wilayah Kecamatan Senen,” katanya seraya menambahkan bahwa penyaluran bantuan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kegiatan penyaluran bantuan tersebut, katanya,  bisa terwujud karena dukungan berbagai organisasi masyarakat seperti  Persatuan Umat Buddha Indonesia, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa, Paguyuban Islam Tionghoa Indonesia, Artha Graha Peduli dan Eka Tjipta Foundation.

Diakhir sambutannya, Usman Sutanto juga sempat mengutip perkataan guru Master Cheng Yen: Hidup manusia tidaklah kekal, bersumbangsihlah pada saat anda dibutuhkan, dan lakukan selama anda bisa melakukannya dengan berjiwa besar, tidak ada masalah yang tidak bisa diatasi”.

Salah seorang warga  yang menerima bantuan paket sembako dan masker tersebut menyampaikan terima kasih kepada pihak Yayasan Buddha Tsu Chi. “Bantuan itu sangat berarti bagi kami. Sekali lagi kami terima kasih buat Yayasan Buddha Tsu Chi atas kepeduliannya,” kata seorang warga. (chk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *