TNI AL Yakin Kapal Selam Nanggala 402 Bakal Lakukan Penghematan Oksigen

JAKARTA (IndependensI) – Semua pihak masih berjuang mencari keberadaan kapal selam KRI Nanggala 402 yang hilang kontak di perairan Bali bagian Utara sejak Rabu (21/4/2021). Meski demikian TNI Angkatan Laut meyakini kapal selam tersebut akan melakukan penghematan oksigen sebagai upaya untuk bertahan hingg diketemukan.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama, Julius Widjojono menjelaskan terkait perkiraan oksigen KRI Nanggala 402 yang habis. Dia yakin hal tersebut telah diantisipasi oleh awak kru kapal dengan menghemat oksigen.

Sebagaimana diketahui bahwa sejak hilang kontak pada Rabu (21/4) lalu, diperkirakan kapasitas oksigen yang berada di kapal selam tersebut bertahan hingga Sabtu (24/4) sekitar pukul 03.00 Wita dini hari. “Mereka pasti melakukan prosedur penghematan oksigen,” katanya, seperti dilansir Antara, Sabtu (24/4/2021).

Kemudian, Julius menerangkan prosedur penghematan yang bisa dilakukan seluruh kru seperti mengurangi aktivitas, agar jangka waktu oksigen di kapal bisa bertahan lebih lama. “Caranya dengan tidur dan mengurangi aktivitas di dalam kapal. Itu prosedur yang dilakukan prajurit,” terangnya.

Sedangkan terkait perkembangan pencarian, Julius belum dapat memastikan kapal selam milik TNI Angkatan Laut (AL) itu dapat ditemukan hari ini. Pasalnya, pencarian masih terus dilakukan. “Nanti pukul 03.00 WITA konferensi pers dengan Panglima (Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto),” ujarnya.

 

One comment

Comments are closed.