Kementerian BUMN Tugaskan Rivan A Purwantono Pimpin Jasaraharja

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Kementerian Badan Usaha Milil Negara (BUMN) memberikan penugasan kepada Rivan A Purwantono untuk memimpin perusahaan plat merah PT Jasa Raharja (Persero). Penunjukan Rivan sebagai Direktur Utama PT Jasaraharja sesuai dalam keputusan rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Jasa Raharja (Persero) yang digelar hari ini pukul 09:00 WIB, Kamis (17/6/2021).

Atas pengangkatan tersebut, maka pada RUPS Tahunan (RUPST) KB Bukopin yang dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB menerima pengunduran Rivan Achmad Purwantono sebagai Direktur Utama PT Bank Kb Bukopin. Rivan mengungkapkan bahwa ia telah rampung dalam menyelesaikan tugasnya untuk penyelamatan dan recovery Bukopin pasca krisis tahun lalu.

“Bagi saya, semua ini merupakan perjalanan hidup yang luar biasa, setiap tugas yang diberikan kepada saya merupakan mandat yang harus dijalankan sebaik mungkin. Saya bersyukur mendapatkan perjalanan luar biasa ini. Saya mengenal tata Kelola keuangan, operasional KAI hingga melakukan mapping penumpang. Melalui mapping tersebut saya mengoptimalkan aplikasi KAI Acess”, ungkap Rivan dalam keterangan tertulis.

Sebagai figur yang aktif dan selalu berinovasi dalam setiap perjalanan karier, Rivan juga sempat dipercaya Kementerian BUMN untuk menjadi Direktur Keuangan dan IT di PT KAI pada Mei 2020 lalu. KAI Access menjadi bukti nyata kontribusi Rivan dalam masa jabatan 1 bulan 10 hari.

Dalam periode itu, Rivan mengaku mendapat banyak pelajaran, mulai dari tata kelola keuangan, operasional KAI, hingga melakukan mapping penumpang yang membuatnya dapat mengoptimalkan aplikasi KAI Access.

Di medio Juni 2020, Rivan mendapat mandat untuk membantu penyelamatan Bank Bukopin yang sedang menghadapi krisis likuiditas sebagai dampak pemberitaan negatif dan hoaks yang menyebabkan panic withdrawal.

“Mengingat kembali saat itu, saya merasa dukungan dari seluruh pihak sangat penting. Dukungan regulator, pemerintah, pemegang saham, media hingga solidaritas karyawan sangat dibutuhkan,” kata Rivan.

Kiprah Rivan di KB Bukopin

Rivan mengawali karier di Bukopin pada 2006 sebagai Private Banking Group Head. Tangan dinginnya melahirkan inovasi bisnis baru, yaitu Priority Banking melalui sejumlah pengembangan segmen, khususnya pada segmen konsumer yang mencakup beberapa tahapan, mulai masspersonal, hingga prioritas. Nyaris 15 tahun bersama KB Bukopin, karier Rivan melesat menjadi kepala divisi, general manager, hingga direktur utama.

Pada masa kepemimpinan Rivan sebagai President Director KB Bukopin, perseroan terbukti berhasil melewati dinamika progresif, termasuk proses transformasi sejak September 2020. Berbagai upaya dikontribusikan untuk mengembalikan citra dan kepercayaan nasabah, diawali dari penambahan modal dan dukungan likuiditas dari KB Kookmin Bank hingga resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP), berlanjut ke proses rebranding untuk memperkuat brand image perseroan.

Dukungan PSP yang kuat menunjukkan komitmen besar KB Kookmin Bank terhadap penguatan fundamental KB Bukopin. Dari sisi kepemimpinan, gaya komunikasi Rivan yang luwes tak ayal membantu citra KB Bukopin sebagai perseroan yang aktif menyampaikan perkembangan.

Hasilnya, sejak Oktober 2020 hingga saat ini, KB Bukopin mendapatkan pengakuan atas penguatan dan perbaikan kondisi perseroan, mulai kenaikan peringkat dari Fitch Ratings menjadi AAA, disusul kenaikan peringkat Pefindo juga ke tingkat tertinggi idAAA pada Juni 2021.

“KB Kookmin Bank sebagai PSP telah mempersiapkan jajaran manajemen yang kuat. Perubahan susunan manajemen adalah hal yang wajar untuk perusahaan terbuka. Manajemen KB Bukopin akan melanjutkan hal-hal yang sudah kita capai bersama hingga saat ini, sehingga saya yakin ke depannya KB Bukopin akan semakin kuat dan mewujudkan misi menjadi bintang finansial Indonesia,” kata Rivan.

Kini, Rivan usai merampungkan tugas menyelamatkan dan memulihkan Bukopin pasca krisis tahun lalu. Dia akan segera melanjutkan langkah untuk mengemban misi selanjutnya.

“Bagi saya, semua ini merupakan perjalanan hidup yang luar biasa, setiap tugas yang diberikan kepada saya merupakan mandat yang harus dijalankan sebaik mungkin,” ujarnya.

Untuk diketahui, KB Bukopin akan menyampaikan hasil RUPS tahunan seperti susunan dewan komisaris dan direksi perseroan yang baru melalui situs perseroan dan situs Bursa Efek Indonesia pada Kamis (17/6) siang. Saat ini, informasi terkait calon pengurus KB Bukopin yang terdiri dari calon anggota dewan komisaris dan calon direksi sebagai salah satu materi RUPS telah tercantum pada situs.