Pasien Covid di Jakarta Membludak, Pemerintah Siapkan Rusun Oasar Rumput Jadi Tempat Isoman

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Melonjaknya kasus Covid 19 di Ibukota membuat pemerintah terus mencari tempat alternatif untuk menampung pasien Covid 19. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana memanfaatkan Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) Pasar Rumput, Manggarai, Jakarta Selatan sebagai alternatif tempat isolasi mandiri bagi pasien Covid-19 di Ibu Kota.

“Berdasarkan arahan Menteri PUPR kepada kami, Rusun Tingkat Tinggi Pasar Rumput akan disiapkan sebagai tempat isolasi karena jumlah pasien Covid-19 terus meningkat,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta, Sabtu (26/6/2021).

Saat ini, Kementerian PUPR sedang melakukan koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait pemanfaatan rusun tersebut serta pengadaan perabotan di dalam unit hunian.

Khalawi menerangkan, Kementerian PUPR telah menerjunkan tim yakni dari Direktorat Rumah Susun dan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Jawa I untuk mempersiapkan sejumlah fasilitas dan pendukung di dalam Rusun tersebut.

Dengan demikian, sambung dia,, pasien Covid-19 bisa menempati rusun itu dengan baik. Shingga mereka bisa merasa nyaman dan dapat meningkatkan imun tubuhnya.

Khalawi juga mengemukakan, perwakilan Direktorat Jenderal Perumahan telah melaksanakan peninjauan serta persiapan di Rusunawa Pasar Rumput pada Kamis (24/6). “Kami harap proses persiapan Rusun Pasar Rumput sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 bisa segera diselesaikan dalam waktu dekat,” kata dia.

Rusunawa Pasar Rumput terdiri tiga tower dengan total kapasitas 1.984 unit.  Tower satu memiliki kapasitas 689 unit. Sedangkan pemanfaatan tower dua dan tiga direncanakan setelah tower satu sudah terisi penuh.