turnamen catur online tingkat nasional,
Turnamen catur online tingkat nasional, (foto istimewa)

Gratis dan Hadiah Puluhan Juta, Kalteng Gelar Turnamen Catur Online Peringati HUT Bhayangkara ke-75

JAKARTA (Independensi.com)  – Tiga tokoh penting di Kalimantan Tengah, yakni Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dan Anggota DPR RI Dapil Kalimantan Tengah H. Agustiar Sabran bersama Kapolda Kalteng Irjen Dedi Prasetyo menggagas turnamen catur online tingkat nasional, Minggu, 4 Juli 2021 menggunakan platform Lichess.

Menurut Agustiar Sabran bahwa kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-75 yang jatuh pada 1 Juli 2021. Sekaligus sebagai implementasi dari transformasi Polri yang presisi mendukung percepatan penanganan Covid-19 yang kembali merebak dengan ditemukannya varian Delta yang telah menyebar.

“Turnamen catur masih bisa dilaksanakan yaitu secara online, di mana setiap peserta tidak harus saling berhadapan langsung tetapi melalui media internet atau platform khusus catur. Salah satu platform yang paling diminati para pecatur Indonesia adalah Lichess, karena platform tersebut gratis dan tanpa iklan,” dalam rilisnya yang diterima media.

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen PB Percasi Hendri Hendratno menyambut baik kegiatan ini. “Kami dari PB Percasi memberikan acungan jempol kepada pihak yang masih peduli dengan perkembangan catur di Tanah Air,” kata Hendri.

Hendri berharap pandemi Covid segera berlalu, sehingga semua kegiatan olahraga termasuk catur bisa berlangsung normal. Adapun Format yang digunakan adalah catur kilat lima menit tanpa increment, yang mana pemain pemegang buah putih dan buah hitam masing-masing mendapat jatah waktu berpikir lima menit. Sistem pertandingan yang digunakan pada babak penyisihan adalah sistem Arena 120 menit, di mana selama 120 menit tersebut setiap pemain harus mengalahkan lawan sebanyak mungkin.

Semakin cepat mengalahkan lawan maka semakin cepat pula seorang pemain mengumpulkan angka/poin. Sampai batas waktu 120 menit barulah angka kemenangan setiap pemain akan dijumlah. Dari seluruh peserta babak penyisihan yang diperkirakan akan mencapai ribuan orang. 75 peringkat teratas (sesuai HUT Bhayangkara Tahun 2021) berhak maju ke babak final. Di babak final digunakan sistem pertandingan Swiss 8 babak.  Pendaftaran untuk mengikuti turnamen ini gratis. Bahkan disediakan hadiah bagi para peserta senilai puluhan juta rupiah.

Berikut Jadwal pertandingan :

Babak Penyisihan: Minggu, 4 Juli 2021, Pukul 14.00 WIB.

Catur Kilat 5 menit. Sistem Arena 120 menit – No Berserk, No Arena Streaks.

Babak Final: Minggu, 4 Juli 2021, Pukul 20.00 WIB.

Catur Kilat 5 menit. Sistem Swiss 8 Babak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *