DPR Minta Pemerintah Segera Atasi Kelangkaan Oksigen untuk Tangani Pasien Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay mendesak pemerintah segera bertindak menangani kelangkaan oksigen di rumah sakit. Menurutnya Oksigen merupakan kebutuhan utama dalam penanganan pasien Covid 19.

“Segala daya dan upaya harus dilakukan agar suplai oksigen ke rumah-rumah sakit tetap terpenuhi,” kata Saleh dalam keterangan tertulis diterima, Senin (5/7/2021).

Ketua Fraksi PAN DPR ini mencatat, sejak beberapa hari kemarin, banyak rumah sakit sudah yang mengeluhkan soal kelangkaan oksigen. Tidak hanya rumah sakit swasta, tetapi juga rumah sakit pemerintah. Bahkan, rumah sakit sebesar Sardjito di Yogyakata pun mengalami hal yang sama.

“Ini hampir merata dirasakan oleh rumah-rumah sakit di seluruh rumah sakit yang menangani covid di Indonesia,” nilai Saleh

Saleh meyakini, hal terkait adalah persoalan serius. Sebab, kekurangan oksigen ini bisa menyebabkan terkendalanya perawatan pasien. Terlebih, ada banyak pasien yang meninggal akibat kebutuhan oksigen yang tidak terpenuhi.

“Dalam pengadaan oksigen ini, pemerintah didesak untuk memprioritaskan kebutuhan medis. Kalaupun dunia industri membutuhkan, namun dalam situasi darurat ini kebutuhan medis tidak bisa ditawar-tawar,” harap Saleh.