Lonjakan Covid 19 Terjadi Karena Naiknya Jumlah Testing dan Perbaikan Sistem Pencatatan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan, lonjakan angka konfirmasi positif Covid 19 harian disebabkan karena terjadinya kenaikan jumlah testing. Tak hanya itu, hal ini Juga dilatarbelakangi oleh perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan.

“Kalau melihat kenaikan konfirmasi positif akhir-akhir ini seiring dengan kenaikan jumlah testing dan adanya perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan,” kata dia dalam konferensi pers harian PPKM Darurat, Rabu (14/7/2021).

Ia menjelaskan, peningkatan angka kematian dan angka konfirmasi positif dikarenakan adanya sistem verifikasi secara otomatis pada laboratorium pemeriksa. Verifikasi otomatis ini menghilangkan proses verifikasi secara berjenjang. “Sehingga pelaporan lebih transparan dan tepat waktu,” terang dia.

Dia mengatakan jika dilihat lebih jauh, maka angka positivity rate Indonesia masih cukup stabil. Walaupun terjadi kenaikan kasus.

“Dan hal ini juga sejalan dengan upaya peningkatan testing, di mana target yang harus kita capai ada 324.000 orang yang dites setiap hari,” katanya.