Sekretaris Utama (Sestama) Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan. (Istimewa)

“Jam Komandan” Tekankan Pembinaan Personel Bakamla

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Dalam upaya mewujudkan institusi Bakamla RI yang kuat dan hebat, perlu adanya pembinaan personel. Hal ini pun dilakukan oleh Bakamla RI dengan mengadakan “Jam Komandan” ataupun pengarahan dari pimpinan kepada seluruh personel.

Jam Komandan merupakan suatu hal yang wajib dilakukan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Kegiatan ini adalah  menyampaikan segala informasi maupun tugas yang nantinya diemban oleh prajurit. Selain itu, Jam Komandan juga dinilai sangat efektif dalam memperkuat silaturahmi, hingga membangun kepedulian antara prajurit dan pimpinan.

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia yang diwakili Sekretaris Utama (Sestama) Bakamla RI Laksda TNI S. Irawan, memberikan pengarahan kepada ratusan personel Bakamla RI yang berdinas di Mabes Bakamla RI, Kantor Zona, SPKKL, Stasiun Bumi dan Kapal Negara (KN) secara daring dari Ruang Kerja Sestama Bakamla RI, Selasa (31/8/2021).

Terdapat beberapa penekanan yang disampaikan Sestama Bakamla RI yakni, pertama, personel Bakamla merupakan paramiliter yaitu personel yang dilatih dengan kekuatan semi militer. Maka dari itu personel Bakamla merupakan komponen cadangan terutama bagi TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan diharapkan terdapat keiklasan dalam mengabdi kepada negara serta menjalankan kewajiban dengan profesionalisme, dedikasi yang tinggi dan loyalitas.

Kedua, seluruh personel Bakamla harus memiliki mental, sikap, disiplin yang tinggi untuk terus belajar serta meningkatkan pengetahuan tentang kemaritiman dan juga memahami permasalahan di laut.

Selanjutnya Sestama Bakamla RI juga menyampaikan, kepada seluruh personel Bakamla untuk saling bekerjasama tanpa membeda-bedakan serta tidak boleh kalah dengan perasaan maupun kepentingan pribadi. Hal tersebut dapat diatasi dengan mengingat terus tradisi, motto, lagu mars yang membangun semangat, menjalankan tugas pokok dengan baik dan menjaga kewibawaan seragam.

Diakhir arahannya, Laksda TNI S. Irawan berpesan kepada seluruh personel Bakamla untuk jangan pernah berhenti mencintai negara ini dengan mewujudkan Bakamla RI yang hebat. Demikian berita dikutip dari rilis yang diautentikasi Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI, Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita.