KPU Sebut Hasil Pemilu di Luar Negeri Hanya Karangan Saja

JAKARTA (IndependensI.com) – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Thantowi mengatakan, informasi soal hasil pemilu di luar negeri hanya sebuah karangan. Menurutnya, informasi ini hanya sekedar digunakan untuk mengacaukan kondisi pemilu.

“Informasi itu (hasil pemilu di luar negeri) bisa didapatkan dari mana saja. Atau hanya dikarang-karang saja. Cocok-cocokan saja,” ujar Pramono kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/4/2019).

Dia memperkirakan, dalam beberapa hari ke depan informasi hoaks tersebut akan semakin masif. Warga diimbau agar tak terlalu mudah termakan isu-isu tak benar tersebut.

Pramono menegaskan hasil pemilu di luar negeri tetap akan dihitung setelah 17 April. Karena itu, sampai saat ini belum ada informasi resmi dari KPU soal hasil perolehan suara pemilu di luar negeri.

“Kalau ada informasi yang beredar soal hasil pemilu luar negeri, maka itu bukan dari KPU. Bukan merupakan hasil resmi. Terlebih, pemungutan suara sistem TPSLN masih berlangsung dan belum semuanya selesai,” tuturnya.