Ketua Umum PP Pelti berfoto dengan tim Piala Davis Indonesia beserta ofisial. (Istimewa)

Piala Davis Gunakan Struktur Baru

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ajang bergengsi Piala Davis akan berlangsung menggunakan struktur baru yakni bergabungnya zona Grup l & ll sejak tahun lalu. Indonesia yang sebelumnya berada di Grup ll Zona Asia Oseania ini pun memulai petualangan baru dalam gelaran yang berlabel World Cup of Tennis ini.

“Bagusnya, petenis jadi punya kesempatan menghadapi lawan dari zona lain, baik Amerika, Afrika maupun Eropa. Jauh lebih variatif dibandingkan sebelumnya yang hanya berasal dari kawasan Asia dan Oseania saja ,” ujar kapten tim Merah Putih, Febi Widhiyanto, Rabu (8/9/2021).

Setelah mengalahkan Kenya yang merupakan wakil Zona Afrika di Stadion Tenis Gelora Bung Karno Jakarta, Maret 2020, Febi dan para asuhannya harus bertandang jauh ke kawasan Karibia untuk menantang Barbados pada babak pertama World Group ll, 17-18 September ini.

“Resikonya memang harus siap melakukan perjalanan jauh yang menguras fisik dan mental untuk melakoni laga Piala Davis,” imbuhnya. Faktor ini pula yang membuat tim Merah Putih harus rela tanpa kehadiran petenis utama seperti Christopher Rungkat, David Agung Susanto dan Rifky Fitriadi saat menantang tuan rumah Barbados. Pada waktu bersamaan, ketiganya tengah bersiap membela daerahnya di ajang PON Papua, akhir bulan ini.

“PP Pelti sudah mengupayakan agar semua bisa memperkuat tim Piala Davis, namun kami juga menyadari resiko tinggi perjalanan jauh saat pandemi yang bisa menyebabkan mereka gagal membela daerah di PON,” papar manager tim Indonesia, Dwi Budi Martono. “Sisi positifnya, kami jadi punya kesempatan untuk mematangkan petenis muda di ajang Piala Davis ini” ucap pria berkacamata yang menjabat sebagai Kakanwil Badan Pertanahan Nasional DKI itu.

Ada 24 negara termasuk Indonesia dan Barbados yang bertengger di Grup Dunia ll Piala Davis 2021 sehingga tersaji 12 partai babak pertama. Delapan peringkat terbaik dari pemenang ronde ini bakal melaju ke babak play off Grup Dunia l tahun depan. Sedangkan empat peringkat terbawah harus bertarung lagi untuk merebut dua slot yang berpeluang promosi ke Grup Dunia I 2022. Untuk tim yang kalah di ronde ini harus menjalani play off Grup Dunia ll 2022 agar terhindar dari degradasi.