Pacu Daya Cipta Sekolah Binaan : YPA-MDR Selenggarakan Pekan Inovasi Guru

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Konsisten mengembangkan kompetensi dan daya cipta guru-guru di sekolah binaan, PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) meresmikan pembukaan ajang kompetisi Pekan Inovasi Guru (Pigur) bertajuk Menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh (09/09).

Kegiatan yang dilakukan secara daring ini turut mengahdirkan narasumber ahli bidang pendidikan yaitu Kepala Divisi Pusat Unggulan dari Direktorat Inovasi dan Pusat Unggulan Universitas Pendidikan Indoensia, Doc. rer. nat. Omay Sumarna, M. Si. Dan
Pegiat Pendidikan sekaligus dewan juri Pekan Inovasi Guru (PIGUR), Kristanto yang melakukan pemaparan terkait dengan inovasi pendidikan di Indonesia.

Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan “Pekan Inovasi Guru ini kami selenggerakan tentunya untuk memberikan stimulus kepada Guru-Guru Binaan YPA-MDR untuk mulai membuat suatu inovasi pembelajaran dan akan dimatangkan lagi dalam event skala nasional yaitu Lomba Inovasi Karya Guru dan Rumah Pintar (LINKAR) yang diselenggarakan oleh Astra bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia”. Herawati menambahkan “kami bekerjasama dengan Kemdikbudristek RI, UKSW dan Pudax Scientific sebagai dewan juri ajang PIGUR”.

Melalui PIGUR, YPA-MDR menargetkan munculkan karya-karya inovasi guru binaan sebagai sebagai berikut:
1. Karya orisinal guru dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya

2. Karya inovasi dapat berbasis literasi dan berupa alat peraga elektronik ataupun non elektronik

3. Karya inovasi sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Sudah diimplementasikan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

Waktu pendaftaran akan dibuka hingga 19 Oktober 2021 dengan total hadiah sebesar Rp 108.000.000,- untuk tiga kategori pemenang yaitu tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Ajang kompetisi inovasi ini diharapkan dapat mendorong daya cipta guru-guru untuk menjawab tantangan dalam pembelajaran serta memberikan solusi yang dapat diimplementasikan oleh sekolah-sekolah binaan YPA-MDR.

Kontribusi YPA-MDR untuk Pendidikan Indonesia

Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) yang berdiri sejak tahun 2009 adalah yayasan yang secara khusus didirikan dan dimiliki oleh PT Astra International Tbk sebagai pelaksana kontribusi social berkelanjutan bidang pendidikan dengan membina sasaran sekolah

sekolah di daerah prasejahtera atau 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) di Indonesia dan menjadi wujud dari pilar Astra untuk Indonesia Cerdas.

Visi, misi dan goal YPA-MDR adalah menjadi lembaga yang mewujudkan Sekolah Unggul di daerah prasejahtera dan yang mampu mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas sebagai agent of change menuju masyarakat sejahtera. Pola pembinaan yang dilakukan berdasarkan 4 Pilar, yang meliputi Pilar Akademis, Pilar Karakter, Pilar Kecakapan Hidup dan Pilar Seni Budaya. Selain itu, YPA-MDR juga memberikan bantuan berupa sarana prasarana penunjang kegiatan belajar mengajar sesuai Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Hingga saat ini, YPA-MDR telah membina 110 sekolah (jenjang SD, SMP dan SMK/SMA) yang tersebar di 13 kabupaten, yaitu Kabupaten Lampung Selatan, Serang, Tangerang, Bogor, Majalengka, Kapuas, Kutai Barat, Barito Utara, Bantul, Gunung Kidul, Pacitan, Kupang dan Rote Ndao.