Mahasiswa FIK UI mengajak para lansia di PTSW Budi Mulia 4, Ciracas, Jakarta TImur, melakukan senam bersama.

Peringati Hari Perawat Sedunia, Mahasiswa FIK UI Berikan Edukasi Kesehatan untuk Lansia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Mobilitas fisik pada penduduk lanjut usia (lansia) cenderung menurun karena mereka mengalami penurunan fungsi secara biologis, fisiologis, dan kognitif. Massa tulang pada usia lebih dari 60 tahun cenderung berkurang sehingga tulang lebih rapuh dan rentan patah jika terjatuh, terpukul, dan mengangkat sesuatu yang normalnya tidak mempengaruhi tulang (Sherwood, 2016).

Kerap kali lansia menghadapi masalah osteoporosis yang menjadi penyebab insiden fraktur tulang karena berkurangnya massa tulang. Untuk menangani masalah ini, diperlukan upaya pembinaan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan upaya perawatan (Setiabudhi & Hardwinoto, 2014). Dengan demikian, perawat memiliki peranan penting terhadap lansia sebagai tindakan preventif dan promotif.

Edukasi dan demonstrasi terkait rentang gerak sendi untuk lansia.

Salah satu cara termudah untuk merawat anggota gerak adalah dengan melakukan latihan Range of Motion (ROM) secara rutin. Latihan ini juga dapat dilakukan secara mandiri tanpa bantuan alat sehingga lebih efisien dalam pelaksanaannya.

Intervensi berupa edukasi dan demonstrasi terkait latihan ROM bagi lansia perlu dilakukan agar anggota gerak lansia tetap terawat. Berangkat dari hal tersebut, FIK UI Mengabdi hadir di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 4, Ciracas, Jakarta Timur, pada 14 Mei 2023, untuk memberikan solusi melalui program pengabdian masyarakat yang dikhususkan bagi para lansia. Program ini juga dilangsungkan sebagai bentuk peringatan Hari Perawat Sedunia yang jatuh dua hari sebelumnya, yaitu 12 Mei.

Perayaan Hari Perawat Sedunia

FIK UI Mengabdi yang diketuai oleh Ns. Utami Rachmawati, beranggotakan 40 orang tim pengabdi mendatangi PSTW Budi Mulia 4 Ciracas untuk memberikan edukasi kepada 80 orang lansia berkaitan dengan pentingnya latihan ROM.

Rangkaian kegiatan FIK UI Mengabdi ini diawali dengan pelaksanaan senam bersama lansia dengan dipimpin oleh tim pengabdi dan juga perwakilan lansia. Senam berlangsung di lapangan panti yang cukup luas.

Sesi edukasi dan demonstrasi ROM yang merupakan rangkaian berikutnya dipandu langsung oleh Ns. Bambang, seorang perawat gerontik (spesialis lansia) dan juga tim pengabdi yang mendampingi di sebelah peserta sembari memandu lansia untuk mengikuti gerakan yang didemonstrasikan.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didanai oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI) melalui program Hibah PPM UI Tahun 2023 dan turut berpartisipasi pula RSUI dalam bidang pendanaan dan media partner.