Pelantikan Pengurus Kadin Kabupaten Gresik Jawa Timur (foto istimewah)

Sah, Pengurus Kadin Gresik Dilantik Tepat Hari Sumpah Pemuda

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Dewan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Gresik masa bhakti 2021-2026, resmi dilantik oleh Ketua Kadin Jawa Timur Adik Dwi Putranto tepat di hari Sumpah Pemuda.

Menurut Ketua Kadin Gresik, M. Khoirul Rizal yang terpilih dari konferensi luar biasa menjelaskan jika pelantikan sengaja digelar bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda agar seluruh pengurus Kadin Kabupaten Gresik lebih menjiwai semangat Hari Sumpah Pemuda.

“Semangat ini yang perlu dipelihara. Sebab Kota Pudak (Gresik, red) memiliki potensi besar yang harus digarap bersama, di antaranya kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) hingga smelter PT Freeport Indonesia,” ujarnya usai pelantikan, Kamis (28/10).

Untuk itu lanjut Rizal, Pemkab Gresik bisa tetap pada komitmen memprioritaskan local content dalam pengembangan KEK.

“Dengan adanya KEK masyarakat tidak boleh hanya menjadi penonton, tapi harus memperoleh kesempatan untuk turut dijadikan bagian dari pengembangan KEK,” katanya.

“Pendidikan vokasi yang bekerja sama dengan perusahaan dan sekolah untuk menciptakan tenaga kerja unggul merupakan salah cara yang tepat. Sebab ketika para pelajar lulus sekolah di tingkat SMA/SMK mereka bisa langsung diterima kerja di perusahaan yang ada di KEK. Sehingga bisa menimalisir angka pengangguran,” tuturnya.

Rizal menambahkan sebelum dirinya dilantik sebagai Ketua KADIN Kabupaten Gresik sudah aktif menggelar berbagai kegiatan. Mulai dari turut serta dalam penanganan Pandemi Covid-19 dengan mendorong vaksinasi juga mendorong pertumbuhan ekonomi dari sektor pertanian.

Sementara itu, Ketua KADIN Jawa Timur mengapresiasi langkah awal yang dilakukan Rizal dan jajaran. Meskipun pelantikan baru berlangsung hari ini, akan tetapi semangat dan program-program sudab berjalan masif. Utamanya mendukung vaksinasi menuju herd immunity.

Adik juga berpesan misi besar yang harus dituntaskan jajaran KADIN Kabupaten Gresik 2021 – 2026 adalah memberi pendampingan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), mendorong pemulihan ekonomi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) hingga mendukung vokasi menyiapkan tenaga kerja unggulan.

“Jangan senang dulu, tugas besar menanti. Kalau sebelum dilantik sudah banter maka setelah dilantik harus lebih banter lagi,” tandasnya. (Mor)