Gencar Ekspansi, EMTK Borong Saham RANS Entertainment

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Salah satu raksasa industri media, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk, sepertinya ingin menunjukkan kepada publik dan pelaku pasar Tanah Air terkait kekuatan fundamental bisnisnya di tengah tekanan pandemi COVID19. Bagaimana tidak, baru saja pemilik bisnis saluran televisi nasional SCTV, Indosiar dan O Channel itu ramai diberitakan terkait keputusannya masuk ke industri perbankan dengan mengakuisisi Bank Fama. Dan kini, perusahaan dengan kode saham EMTK itu secara resmi mengumumkan rencananya untuk memperkuat lini bisnisnya di segmen hiburan dengan berinvestasi di RANS Entertainment. Aksi investasi rencananya bakal dilakukan melalui PT Indonesia Entertainmen Grup, anak usaha dari PT Surya Citra Media Tbk, yang notabene merupakan anak usaha dari EMTK. “Rencana investasi akan dilakukan PT Indonesia Entertainmen Grup melalui penyetoran kepada RANS Entertainment untuk penerbitan saham baru sebesar Rp248 miliar secara bertahap, untuk (mengakuisisi) kepemilikan saham sebesar 17 persen pada RANS Entertainment,” ujar Corporate Secretary EMTK, Titi Maria Rusli, dalam keterbukaan informasi perusahaan, yang diterbitkan, Jumat (12/11).

Menurut Titi, RANS Entertainment dinilai dapat mendukung pengembangan usaha EMTK berikut jejaring anak usahanya di bidang media, teknologi dan digital. Titi juga menegaskan bahwa transaksi yang dilakukan kali ini bukan merupakan transaksi material, sehingga tidak memenuhi batasan nilai berdasarkan POJK No.17 Tahun 2020. Justru bentuk sinergi EMTK-RANS Entertainment ini diyakini dapat memberikan keuntungan baik bagi kedua perusahaan maupun para kolega. “Para pengiklan akan mendapatkan one stop service dari ekosistem grup perseroan yang sedang berkembang. Selain itu, diharapkan juga ada pertumbuhan market share yang dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan profitabilitas secara konsolidasi,” tutur Titi.

Sebelum pengambilalihan 17 persen saham ini, pada dasarnya sinergi EMTK-RANS Entertainment sudah terbentuk lewat jalinan kerjasama Babak Baru RANS dan Emtek. Saat itu kedua perusahaan mengumumkan kemitraan sekaligus rencana bekerja sama dalam menayangkan sejumlah program pilihan melalui platform RANS dan EMTK. Tak hanya ‘mesra’ dengan RANS Entertainment, EMTK juga telah mencaplok saham Bank Fama sebagai tools perusahaan untuk masuk di bisnis perbankan. Tak hanya itu, pada November 2020 lalu EMTK juga secara resmi masuk ke bisnis rumah sakit dengan membeli 71,88 persen saham PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk yang merupakan pengelola jaringan Rumah Sakit (RS) dengan merek dagang Omni Hospitals. Tak cukup sampai di situ, beberapa pekan lalu EMTK lewat perantara PT Sarana Meditama Metropolitan Tbk juga telah memborong 66 persen saham PT Kedoya Adyaraya Tbk, perusahaan pengelola RS Grha Kedoya.

(TSP)