Kejari Jakut Gelar Penyuluhan “Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda” di SMP 122

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kejaksaan Negeri Jakarta Utara kembali menggelar penyuluhan hukum tentang “Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda” melalui kegiatan Jaksa Masuk Sekolah (JMS).

Kali ini kegiatan penyuluhan hukum berlangsung di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 122, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.

Kasi Intelijen Kejari Jakarta Utara Mohamad Sofyan Iskandar Alam mengatakan acara dibuka Kasi Pendidikan Dasar dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus Wilayah I Kota Administrasi Jakarta Utara Bambang K Karnoto.

“Untuk pemaparan tentang Bahaya Narkoba bagi Generasi Muda disampaikan Kasubsi Ekonomi dan Moneter bidang Intelijen Andrian Al Mas’udi sebagai salah satu nara sumber,” kata Sofyan kepada Independensi.com, Jumat (19/11).

Dalam penyuluhan nara sumber memaparkan antara lain tujuan kegiatan dan latar belakangnya. “Selain itu penyebab maraknya pengguna narkoba pada generasi muda. Serta tiga golongan Napza berdasarkan sifat pengaruhnya terhadap pemakai,” tuturnya.

Kemudian, kata dia, dipaparkan juga efek penggunaan narkoba dan perbuatan yang dilarang dan diatur dalam Pasal 111 sampai pasa 147 Undang-Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Selain itu soal ancaman hukuman tindak pidana narkotika, dampak buruk penyalahgunaan NAPZA dan kiat-kiat menghindari penyalahgunaan narkoba.

Kegiatan penyuluhan juga diisi sesi tanya jawab yang dipandu Tim, dan siswa siswi yang memberikan pertanyaan serta menjawab pertanyaan dari narasumber sebanyak enam orang siswa siswi dan dua orang guru.

Sofyan menyebutkan dari pertanyaan masing-masing siswa siswi tersebut sangat berbobot serta peserta juga nampak antusias mengikuti penyuluhan.

“Ini menandakan materi yang disampaikan sangat penting untuk kalangan pelajar. Apalagi akhir-akhir ini banyak kasus hukum yang menimpa masyarakat, namun tidak mengerti bagaimana cara melaporkannya,” ujarnya.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian souvenir kepada siswa siswi SMP Negeri 122 Jakarta dan foto bersama.(muj)