Pilihan Menu Minuman yang Menyehatkan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketika ditanya pilihan minuman sehat, bisa mencegah dehidrasi, dan bisa melindungi organ-organ, tentu air putih adalah jawaban yang pertama kali terlintas di pikiran. Hanya saja, tidak semua bisa dengan mudah minum air putih saja setiap harinya. Ada kalanya ketika Anda menginginkan sesuatu yang lebih dan tetap memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

Terlepas dari banyaknya variasi minuman yang mudah ditemukan di pasaran, tidak semua dapat dengan bebas Anda minum tanpa memikirkan efek yang akan diterima oleh tubuh. Terlebih lagi, tidak sedikit minuman yang mengandung gula buatan yang bisa berdampak pada kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Memang tidak mudah untuk mengubah kebiasaan mengonsumsi gula buatan, tetapi Anda bisa mengubah kebiasaan tersebut dengan mengganti produk yang biasa diminum dengan produk yang lebih sehat. Selain air putih, masih banyak jenis minuman lain yang bisa memberikan manfaat dan tetap menyegarkan.

Untuk Anda yang sedang mencari alternatifnnya, minuman-minuman enak berikut akan membantu menjaga kesehatan tubuh, meningkatkan nutrisi dan sekaligus memberikan energi tambahan untuk beraktivitas setiap hari.

Teh hijau

The hijau atau green tea adalah salah satu opsi minuman yang paling sehat dengan kandungan antioksidan alami yang dapat mencegah proses penuaan dini. Kandungan yang ada dalam teh hijau dapat membantu Anda terhindar dari risiko penyakit jantung dan melindungi sel-sel tubuh dari racun.

Smoothie

Ingin membuat minuman sehat yang segar? Cukup gunakan blender atau juicer yang ada dan campurkan buah atau sayur favorit Anda. Bukan hanya kaya nutrisi, vitamin, dan protein, smoothie bisa Anda jadikan sebagai sarapan di pagi hari yang akan membantu memberikan semangat di pagi hari. Untuk rasa yang lebih manis, Anda bisa menambahkan madu murni sebagai pengganti gula.

Kopi hitam

Kopi memang merupakan sebuah opsi yang baik, tetapi Anda harus memperhatikan cara mengonsumsinya. Banyak yang minum kopi dengan susu, bahkan menjadi sebuah menu minuman kopi yang jadi favorit banyak orang. Namun, mengonsumsi kopi yang baru diseduh tanpa tambahan apapun atau kopi hitam di pagi hari akan membantu mencegah penyakit jantung dan demensia. Walau begitu, tetap perhatikan porsi ideal yang boleh diminum dalam satu hari, ya. Perhatikan juga aturan minumnya jika Anda memiliki penyakit maag.

Susu almond

Kaya dengan protein, susu ini menjadi salah satu pilihan populer para atlet dan mereka yang rutin berolahraga. Ditambah kandungan kalorinya yang rendah dan vitamin E yang tinggi, Anda bisa mengganti susu krim yang biasa Anda minum dengan opsi yang lebih sehat ini. Susu almond juga sering dicampur dengan smoothie untuk rasa gurih yang lebih mantap.

Air lemon

Air lemon ini bisa dibuat dengan hanya mencelupkan potongan-potongan lemon ke dalam air putih yang biasa Anda minum. Untuk rasa yang lebih kuat, tinggalkan campuran air ini selama semalam di kulkas. Memulai pagi Anda dengan air lemon dapat membantu meningkatkan imun tubuh dan menghindari risiko tertular penyakit saat sedang beraktivitas di luar rumah.

Air kelapa

Ada yang suka, ada yang tidak. Terlepas dari preferensi orang-orang terhadap minuman ini, air kelapa dapat membantu tubuh terhindar dari dehidrasi dan memberikan potasium yang cukup untuk keperluan tubuh. Potasium sendiri diketahui mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan men-detox racun dari dalam tubuh.

Jus jeruk

Secara garis besar, semua jus memiliki khasiat dan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, khasiat jus jeruk sebagai sumber vitamin C menjadikan minuman ini sebagai salah satu jus buah yang paling sehat. Tidak hanya vitamin C saja, jus jeruk juga dapat memberikan kadar potasium, kalsium, dan vitamin D yang baik untuk tubuh.

Minuman cokelat

Banyak yang selalu mengasumsikan cokelat adalah makanan yang kurang baik. Faktanya, cokelat murni dengan kadar cocoa lebih dari 90% adalah baik untuk tubuh. Namun, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah alih-alih membeli minuman cokelat yang sudah dalam paketan. Dengan memanaskan susu almond dan bubuk cocoa, aduk sampai rata, dan minuman enak ini sudah siap Anda santap.