Banjir luapan air Kali Lamong di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Air Kali Lamong Meluap 5 Desa Terendam Banjir

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Banjir luapan air Kali Lamong, merendam puluhan rumah warga di lima Desa, di Kecamatan Balongpanggang dan Benjeng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik Tarso Sagito mengatakan air Kali Lamong yang meluap terjadi sejak, Kamis (10/2) dini hari tadi.

“Total ada lima desa di dua Kecamatan terendam, diantaranya Desa Dapet, Banjar Agung, Sekar Putih dan Wotansari, di Kecamatan Balongpanggang. Serta, Desa Lundo di Kecamatan Benjeng,” ujarnya.

“Banjir selain merendam rumah, areal persawahan, juga telah merendam jalan poros desa penghubung antar desa dan antar kecamatan,” tuturnya.

Tarso menambahkan, bahwa ketinggian banjir yang mengenangi sejumlah desa itu berfariatif. Mulai 10 cm hingga ada yang hampir satu meter.

“Kondisi terkini debit air banjir masih mengalami peningkatan, untuk itu kami telah melakukan himbauan kepada warga terdampak banjir untuk mau dievakuasi,” tegasnya.

“Untuk mengantisipasi dan mencegah hal yang tidak kita inginkan, petugas kami telah terjun ke beberapa titik rawan. Serta telah menyiapkan tempat penampungan sementara bagi warga terdampak, dilokasi yang telah ditentukan,” tadas Tarso. (Mor)