Ir Rudianto Tjen

Hari Nyepi, Rudianto Apresiasi Pluralisme di Babel

Loading

Pangkalpinang (Independensi com) – Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI, Ir. Rudianto Tjen menyampaikan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944 yang jatuh pada Kamis (3/3/2022) kepada seluruh umat Hindu di Tanah Air, khususnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

“Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1944, untuk semua saudara saya, umat Hindu, semoga tercipta kedamaian dan ketenangan dalam keheningan. Jiwa kembali bersih dan suci.

Menyongsong hari esok lebih baik dan bermakna,” kata Rudi, sebagaimana dikutip dari laman Instagram resmi @rudiantotjenofficial, Kamis (3/3/2022).

Lebih dari itu, Rudi berharap, perayaan Nyepi tahun ini dapat membuat keragaman umat di Tanah Air semakin erat. Terutama memasuki tahun politik 2024 yang iklimnya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat.

“Melalui hari raya ini juga, saya berharap masyarakat sudah harus saling mengajak, saling merangkul sesama masyarakat, jangan kita memandang apa agamanya, apa etnisnya, dan sebagainya.

Dan saya harap juga kerukunan ini terus terjaga meskipun menjelang tahun politik 2024 mendatang,” kata Rudianto Tjen.

Selain itu, sebagai wakil rakyat asal Bangka Belitung, Rudi juga mengharapkan, bahwa kerukunan antar umat beragama di Babel bisa menjadi contoh kerukunan umat di daerah lain.

Terutama saat ini marak pihak-pihak yang tak bertanggung jawab dengan sengaja mengadu domba untuk memecahbelah dan menimbulkan perselisihan.

“Pembauran di Bangka Belitung ini paling terkenal kita sangat harmonis, untuk itu, saya sangat berharap bahwa masyarakat Bangka Belitung ini bisa menjaga keharmonisan kita semua,” terang Rudi.

“Saya pikir kerukunan di Bangka Belitung ini sangat baik menjadi contoh pluralisme yang ada di Indonesia,” pungkasnya.(prs)