Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

Menhub Budi karya Sampaikan Tentang Amal Hingga Pemberdayaan Ekonomi Umat di Masjid Ash Shomad

Loading

BANTEN (Independensi.com) –Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri peresmian pembangunan Masjid Ash Shomad, Jl. Citra Raya Boulevard Timur No.4, Ciakar, Kec. Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (11/3/2022).

 

 

Kesempatan tersebut sekaligus memperingati Isra Mi’raj Nabi Muhamad SAW yang diisi ceramah dari Mam besar Masjid Istiqlal, Nazarudin Umar.

 

Menhub Budi mengatakan, sangat bersyukur atas rampungnya pembangunan masjid. Sedangkan prosesnya, berlangsung sekitar dua tahun dengan batuan Ciputra Residencence dan pengurus Yayasan Bahtera Maju Indonesia.

 

“Nama masjid diambil dari salah datu Asmaul Husna yang berarti maha dibutuhkan. Artinya Allah SWT  mejadi satu satunya tempat meminta para hambanya. Kita berharap dengan hadirnya masjid ini bisa menjadi tempat kembali bagi setiap jamaah yang berkunjung. Tempat di mana kita rehat dari hiruk  pikuk dunia, untuk sementara melaksanakan salat,” sambungnya.

 

“Selain menjadi tempat ibadah, masjid menjadi pusat kegiatan sosial yang memiliki manfaat bagi lingkungan sekitarnya. Kita akan sama-sama bergerak untuk kegiatan amal, capacity building, dan pemberdayaan ekonomi umat. Kita memberikan layakanan cek kesehatan gratis untuk penyakit tidak menular setiap Jumat, vaksinasi Covid-19, kursus mengamudi gratis, santunan yatim piyatu dan jompo,” tambahnya.

 

Lebih jauh dikatakannya, masjid menjadi tempat pendidikan dan pelatihan. Misalnya saja, menggelar pelatihan membaca Al Qur’an, media digital, pelatihan memasuki sekolah kedinasan. Sedangkan untuk membangun ekonomi umat, pihaknya membangun depo air minum dan penyediaan internet gratis agar warga sekitar dapat mengakses internet, khususnya untuk kepentingan masyarakat.

 

“Program yang kami buat ini menjadi cara untuk mewujudkan masjid sebagai pusat peradaban umat Islam. Diharapkan masjid tidak hanya menjadi tempat penguatan spiritual, tetapi menjadi sumber pencerahan, kedamaian dan ketenteraman di tengah masyarakat. Jangan lupa selalu melaksanan salat. Semoga masjid Ash Shomad menjadi pemersatu umat Islam, penebar manfaat bagi sesama dan menjadi pemecah masalah umat,” kata Budi sekaligus sebagai Ketua Pembina Yayasan Bahtera Maju Indonesia.

 

Selain itu, Budi Karya juga berharap peringatan Isra Mi’raj menjadi pengingat bagi umat muslim untuk melakukan misi suci kepada Allah SWT. Dipaparkannya lagi, sebagaimana Nabi Muhammad SAW memulai perjalanan ke Sidratul Muntaha untuk menunaikan perintah Allah SWT. “Sebagai hamba-Nya kita mengimplementasikan hakikat Isra Mi’raj dengan memakmurkan masjid. Ini adalah misi suci kita yang insyaallah menjari amal jariyah dan bekal kita semua untuk kehidupan di akhirat,” pungkasnya.

 

 

Sebagai catatan, kesempatan tersebut dihadiri Direktur Utama Ciputra Residence Budiarsa Sastrawinata, Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Chief Corporate Affairs PT Astra Internasional Riza Deliansyah, Ketua Umum DKM Ash Shomad Marjuki Al Jawiy, para pengurus Yayasan Bahtera Maju Indonesia dan Ketua Umum Masyarakat Cinta Masjid Indonesia (MCM) Wisnu Dewanto. Selain itu, terdapat pemberian 500 Alquran dari MCM ke DKM Masjid Ash Shomad dan dua ambulan dari PT Astra.