Ilustrasi. (Dok/Ist)

Christian Amankan Babak Utama

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pemain tunggal putra Indonesia Christian Adinata yang harus melalui babak kualifikasi turnamen bulutangkis Orleans Masters 2022, akhirnya berhasil menembus babak utama. Christian mendapat tempat di babak utama setelah mampu dua kali mengalahkan lawan-lawannya.

Di partai pertama kualifikasi, pebulutangkis peringkat 189 dunia itu mengalahkan pebulutangkis Denmark Jeppe Bruun 21-10, 21-11. Berlanjut ke final kualifikasi, Christian mengatasi permainan Sathish Kumar Karunakaran asal India dua gim langsung 21-13, 21-19. Kedua laga ini dihelat di Palais des Sports, Selasa (29/3/2022).

“Puji Tuhan hari ini saya bisa diberikan kemenangan. Untuk strateginya dari awal saya ingin terus mengontrol dan menguasai lawan. Strategi itu bisa berjalan dengan baik,” kata Christian seperti dikutip dari rilis Humas dan Media PP PBSI.

“Di pertandingan barusan, ketika sudah unggul di pertengahan gim kedua saya merasa agak lengah dari fokusnya dan terlalu mengikuti pola permainan lawan. Tapi untungnya saya bisa cepat kembali lagi ke strategi saya di awal gim,” ungkapnya.

Bertanding dua kali dalam satu hari diakui Christian cukup melelahkan. Tetapi ia punya cara tersendiri untuk menyiasatinya. “Untuk menyiasati bermain dua kali dalam satu hari, saya fokus di pemulihannya. Dari makannya, stretchingnya, dan fokusnya,” jelas Christian. “Rasanya pasti lelah tapi saya tidak fokus sama lelahnya, saya coba untuk menikmati setiap pertandingan yang dihadapi,” ujarnya.

Beruntung Christian mendapat bye di babak 64 besar dan berhak lolos ke babak 32 besar yang dilangsungkan Rabu (30/3/2022). Jika tidak mendapat bye, maka Christian akan melakoni pertandingan ketiganya hari ini.

Disinggung mengenai target di ajang berlevel Super 100 ini, Christian yang sedang dalam performa menanjak sejak turun di Kejuaraan Asia Beregu 2022 di Malaysia bulan Februari lalu mengaku ingin memperbaiki peringkat agar mudah mengikuti turnamen. “Harapannya saya ingin melaju sejauh-jauhnya supaya rankingnya cepat naik, dan agar saya bisa lebih mudah untuk mengikuti turnamen,” tutup Christian.

Ganda Putri Absen

Sementara itu, sedikitnya delapan pemain ganda putri Pelatnas PBSI ditarik keikutsertaannya dalam ajang bulutangkis Orleans Masters 2022. Mereka adalah Siti Fadia Silva Ramadhanti/Apriyani Rahayu, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, Ribka Sugiarto/Febby Valencia Dwijayanti Gani, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, Melani Mamahit/Tryola Nadia, Lanny Tria Mayasari/Jesita Putri Miantoro, Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari, dan Kelly Larissa/Savira Nurul Husnia.

Eng Hian sebagai pelatih kepala ganda putri membeberkan alasannya. “Untuk Apriyani, Ribka, dan Putri Syaikah masih dalam proses penyembuhan cedera. Jadi saya memutuskan untuk menarik keikutsertaan mereka di Orleans,” kata Eng Hian yang akrab disapa Didi itu. “Sedangkan yang lain, sebenarnya dalam program turnamen saya ada turnamen back to back-nya yaitu Polish International Challenge. Karena situasi tidak aman maka PBSI tidak jadi mengikuti turnamen tersebut. Menurut saya tidak worth it kalau hanya satu turnamen ke Eropa dengan melihat waktu perjalanan dan evaluasi target performance,” lanjut Didi.

Didi menjelaskan, para pemain muda ini peringkatnya masih di atas top 100. Jadi perlu turnamen yang sifatnya back to back. Oleh karenanya Didi sudah membuat program turnamen untuk mereka di bulan Juni nanti.

“Pemain yang diprogramkan untuk mengikuti Orleans Masters ini kan yang rankingnya masih di atas top 100 dan perlu turnamen back to back lebih banyak dengan level yang sesuai dengan kapasitas mereka sekarang,” ujar Didi. “Program turnamen akan saya pindah ke turnamen di bulan Juni nanti,” pungkasnya.

Ganda putra Teges Satriaji Cahyo Hutomo/Christopher David Wijaya juga mundur dengan alasan yang kurang lebih sama. Sedangkan Gregoria Mariska Tunjung ditarik karena masih harus pemulihan pasca terpapar virus Covid-19.

Berikut daftar pemain Pelatnas PBSI di Orleans Masters 2022:

Tunggal Putra:
1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay
3. Christian Adinata

Tunggal Putri:
1. Putri Kusuma Wardani

Ganda Campuran:
1. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
2. Zachariah Josiahno Sumanti/Hediana Julimarbela
3. Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow.