13.880 Siswa Indonesia Pilih Australia Jadi Negara Tujuan Studi Luar Negeri

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Unesco Institute for Statistics 2021 merilis Global Flow of Tertiary-Level Students, yang diantaranya mengungkap fakta bahwa Australia masih tetap menjadi tujuan favorit bagi para siswa Indonesia yang berencana melanjutkan studinya di luar negeri.

Dari total 53.604 siswa Indonesia yang studi di luar negeri, sebanyak 13.880 diantaranya menjadikan Australia sebagai pilihan favorit, yang diikuti oleh Malaysia dan Amerika Serikat di posisi kedua dan ketiga.

“Australia juga merupakan satu dari 10 negara terbaik dalam hal kualitas hidup dan melanjutkan pendidikan berdasarkan U.S. News and World Report’s 2021,” ujar USG Education Head of Academics, Ario Muliawan, dalam sebuah diskusi virtual, Rabu (11/5/2022).

Digemarinya Australia sebagai tujuan untuk melanjutkan studi, menurut Ario, karena didasarkan pada kepercayaan bahwa sistem pendidikan di Australia merupakan salah satu yang terdepan dalam hal kualitas, reputasi dan profesionalitas.

Asumsi tersebut didasarkan pada banyaknya universitas di Australia yang masuk dalam jajaran peringkat universitas terbaik dunia. Salah satunya adalah the University of New South Wales, Sydney (UNSW).

Tak hanya itu, UNSW juga merupakan bagian dari Go8 (Group of Eight Australian Universities atau Kelompok 8 Universitas Australia). Para siswa di Indonesia dapat mengikuti Program Foundation sebagai program pra-universitas yang ditujukan bagi pelajar di Indonesia mempersiapkan menuju Universitas di Australia khususnya UNSW.

Di Indonesia para siswa dapat mengikuti Program Foundation yang ditawarkan oleh Uniprep. Program Uniprep menawarkan beberapa area studi seperti Physical Science, Commerce, Actuarial Studies, Arts & Social Sciences, serta Design & Architecture.

Semua pembelajaran, kurikulum, dan standar yang ada di Uniprep sesuai dengan UNSW Foundation Year yang ada di Australia. “Bahkan ujian semester serta proses penilaian juga dikirim dan dilakukan langsung dari Australia,” tutur Ario.

“Pembentukan kultur berpikir siswa yang independen, kreatif dan berkarakter masyarakat dunia juga dikemas dalam program UNSW Young Leaders Program yang mengacu kepada komunikasi, kepemimpinan, kemampuan bahasa Asing dan sebagainya,” tambahnya.

Demi mengikuti program Uniprep ini, para siswa dapat memilih diantara 4 lokasi kampus yang dimiliki oleh USG Education, yaitu di Pondok Indah, Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk (PIK) serta Bumi Serpong Damai (BSD).