Ideologi Lain Ancam Pancasila, Itet Sumarijanto Gelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

Loading

LAMPUNG TENGAH (Independensi.com)- Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Itet Tridjajati Sumarijanto, MBA, menggelar kegiatan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Aula Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (16/4/2022).

Sosialisasi ini dibuka dengan sambutan dari Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto. Beliau menjelaskan betapa pentingnya memberikan pemahaman kepada seluruh peserta tentang Sosialisasi Empat Pilar.

“Sosialisasi ini sangat penting untuk kita semua. Harapan saya kepada seluruh peserta supaya bisa memahami apa sebetulnya Empat Pilar Kebangsaan karena ini akan menjadi bekal untuk kita dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan dilapangan,” ujar Loekman.

“Sebagai wakil rakyat dan bertugas di lembaga negara, kami berkewajiban terus mensosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan yaitu Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara serta Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara,” ujar Itet dalam paparan materinya.

Anggota DPR RI Dapil Lampung II ini juga menjelaskan betapa pentingnya pemahaman masyarakat mengenai Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara yang bersifat final.

“Tujuan Sosialisasi Empat Pilar ini adalah untuk terus menggemakan Pancasila sebab ada ideologi lain yang mengancam keberadaan Ideologi Pancasila. Kita harus menjaga, merawat, melestarikan dan menyebarkan secara massif nilai – nilai Pancasila” tegas Itet.

Itet melanjutkan, kita semua berharap agar bangsa ini bisa lebih solid dan memahami Pancasila. Sehingga gotong royong di dalam nilai – nilai Pancasila itu bisa dilakukan demi keberlangsungan bangsa ini.

Sosialisasi Empat Pilar ini juga dimeriahkan oleh penampilan angklung interaktif yang dibawakan oleh Tricia L. Sumarijanto, Konduktor House of Angkung Washington DC. Ia menjelaskan bahwa angklung memiliki filosofi yang mendalam sama halnya dengan Pancasila.

“Dalam sosialisasi empat pilar ini, kami gunakan angklung karena memiliki filosofi yang mendalam mengenai gotong royong atau kerjasama dan saling menghormati untuk menghasilkan harmoni dan kesatuan. Ini adalah cermin dari Indonesia yang beragam. Kalau kita bersatu dan menghargai perbedaan, kita akan menjadi bangsa yang besar” Ujar Tricia.

Acara sosialisasi ini dihadiri Struktural DPC PDI Perjuangan Lampung Tengah, Anggota Fraksi DPRD Lampung Tengah dan Pengurus PAC PDI Perjuangan se Kabupaten Lampung Tengah yang diakhiri dengan pembagian beras Ibu Puan Maharani kepada seluruh peserta sosialisasi. (Hiski Darmayana)