Operasi Katarak Gratis, Rudi Center Mulai Lakukan Screening Ratusan Calon Pasien

Loading

PANGKALPINANG (Independensi.com)- Yayasan Rudi Center mulai melakukan tahap screening terhadap ratusan calon pasien operasi katarak gratis mulai dari Rabu hingga Senin, 1 – 6 Juni 2022.

Kegiatan tersebut akan dipusatkan di setiap Kantor DPC PDI Perjuangan masing-masing Kabupaten/Kota se-Pulau Bangka.

Untuk wilayah pertama akan dilakukan di Kabupaten Bangka Tengah pada 1 Juni. Kemudian dilanjutkan di Kabupaten Bangka pada 2 Juni, Kota Pangkalpinang pada 3 Juni, Kabupaten Bangka Barat pada 4 Juni, dan terakhir di Kabupaten Bangka Selatan pada 6 Juni 2022.

Direktur Yayasan Rudi Center, Imam Wahyudi mengatakan, screening tersebut bertujuan untuk menentukan apakah kondisi calon pasien diperbolehkan atau tidak secara medis untuk dilakukan tindakan operasi katarak.

Imam melanjutkan, bahwa screening yang dilakukan Rudi Center melibatkan tim ahli atau dokter yang berpengalaman dalam memeriksa kondisi calon pasien sebelum dilakukan operasi katarak.

“Mulai besok tanggal 1 Juni, Rudi Center sudah akan melakukan screening calon pasien operasi katarak gratis. Nanti mereka akan diperiksa kesehatannya, kalau dinyatakan aman, maka akan bisa kita lakukan tindakan operasi,” kata Imam, baru-baru ini.

Seperti diketahui, gelaran Operasi Katarak Gratis yang digelar bersama PDI Perjuangan Bangka Belitung (Babel) tersebut akan diselenggarakan di Pulau Bangka pada 20-23 Juni 2022 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah, Kota Pangkalpinang. Sedangkan, untuk Pulau Belitung, akan dilaksanakan pada Agustus di RSUD Marsudi Judono, Belitung.

Imam berharap, bakti sosial yang telah berjalan rutin setiap tahun ini bisa terus membantu dan meringankan beban ekonomi masyarakat di Babel.

“Karena kalau masyarakat ingin melakukan operasi katarak di rumah sakit, akan mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Sedangkan, dalam kegiatan ini masyarakat tidak dipungut biaya sepeserpun, semuanya ditanggung oleh Rudi Center dan PDI Perjuangan,” ungkap Ketua Bappilu PDI-Perjuangan Babel tersebut.

Imam berharap, bakti sosial operasi katarak gratis kali ini bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang direncanakan.

“Supaya masayarakat yang mengalami gangguan katarak bisa sembuh dan kembali normal seperti sedia kala. Dengan penglihatannya kembali terang, sehingga mereka bisa beraktifitas dengan leluasa karena tidak lagi mengalami katarak,” harap Imam.

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin mengikuti operasi katarak gratis ini, bisa mendaftarkan diri atau keluarganya kepada kader maupun pengurus di setiap DPC PDI-P se Bangka Belitung. Atau menghubungi nomor berikut ini: 0858-9146-7085 (Faisal) atau 0858-3829-1698 (Aldi). (Hiski Darmayana)