Rudianto Tjen dikenal sebagai tokoh yang konsisten perjuangkan kesejahteraan masyarakat Babel

Rudianto Tjen, Sosok Yang Peduli Pada Kesehatan Masyarakat Bangka-Belitung

Loading

PANGKALPINANG (Independensi)- Bukan rahasia apabila Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung (Babel) Rudianto Tjen, melalui Yayasan Rudi Center yang dipimpinnya, tampak sangat peduli dengan kesehatan masyarakat Babel.

Politisi senior PDI Perjuangan itu, melalui Yayasan Rudi Center dan bersinergi dengan PDI Perjuangan Babel telah beberapa kali menggelar bakti sosial untuk memperkuat kesehatan warga Babel. Termasuk ketika pandemi Covid 19 menyerang dua tahun terakhir.

Pada 21-26 Oktober 2021, misalnya, Rudi Center dan PDI Perjuangan Babel menggelar Vaksinasi Covid-19 gratis di seluruh wilayah Bangka Belitung. Bersama DPD PDI Perjuangan Babel, Rudianto menyumbangkan secara pribadi vaksin Sinovac untuk masyarakat Babel sebanyak 21.000 dosis

“Untuk seluruh Babel, total ada 21.000 dosis vaksin Sinovac yang disumbangkan pak Rudianto bersama PDI Perjuangan Babel untuk masyarakat, agar masyarakat Babel bisa mencapai Herd Immunity,” Wakil Ketua bidang Buruh, Tani, Nelayan, Perempuan dan Anak DPC PDI Perjuangan Bangka, Arniawati.

Upaya Yayasan Rudi Center untuk ‘memperkokoh’ kesehatan warga Babel tak hanya itu. Bersama Rumah Sakit Kalbu Intan Medika (RS KIM) dan PDI Perjuangan Babel, Rudi Center kembali menyelenggarakan bakti sosial untuk masyarakat Bangka Belitung dalam wujud Operasi Bibir Sumbing Gratis untuk seluruh masyarakat Bangka Belitung pada 2 Februari 2022 hingga 2 Maret 2022.

Yang perlu dicatat, operasi bibir sumbing gratis baru pertama kali digelar di Bangka Belitung.

Dan kini, Rudi Center sedang bersiap untuk menggelar operasi katarak gratis bagi warga Babel. Kegiatan operasi katarak ini sejatinya merupakan program rutin dari Yayasan Rudi Center, namun sempat terhenti dua tahun terakhir dikarenakan pandemi Covid-19.

Operasi Katarak Gratis yang digelar bersama PDI Perjuangan Bangka Belitung tersebut akan diselenggarakan di Pulau Bangka pada 20-23 Juni 2022 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depati Hamzah, Kota Pangkalpinang. Sedangkan, untuk Pulau Belitung, dilaksanakan pada Agustus di RSUD Marsudi Judono, Belitung.

Direktur Yayasan Rudi Center, Imam Wahyudi Imam mengatakan, melalui Operasi Katarak Gratis ini diharapkan membantu mengurangi beban masyarakat tidak mampu dalam melakukan operasi katarak.

“Banyak warga setelah mengikuti operasi katarak gratis dari Yayasan Rudi Center ini bisa kembali melihat dengan jelas dan terang, masyarakat juga bisa lebih produktif dalam bekerja. Kita bersyukur bisa terus membantu masyarakat, karena kalau mereka harus operasi secara mandiri, mereka terbebani oleh biaya yang cukup tinggi,” kata dia. (Hiski Darmayana)