Haul Sunan Gunung Jati Ke 459 Keraton Kasepuhan Cirebon Berikan Santunan Anak Yatim dan Duafa 

Loading

CIREBON (IndependensI.com) – Keraton Kasepuhan Cirebon menggelar acara Haul Sunan Gunung Jati ke-459 tahun di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon pada Selasa (12/7/2022) sekitar jam 15.30 WIB. Acara ini diikuti oleh ratusan jamaah yang berasal dari warga sekitar lingkungan keraton.

Kegiatan yang digelar secara sederhana ini dihadiri pula oleh keluarga besar Kesultanan Cirebon dan lain dengan memberikan santunan kepada anak yatim dan kaum dhuafa disekitar Keraton Kasepuhan.

Patih Sepuh Keraton Kasepuhan Cirebon PR. Goemelar Soeryadiningrat menuturkan, acara ini dilaksanakan untuk memperingati wafatnya Sunan Gunung Jati pada tanggal 12 Rayagung/Zulhijah tahun 974 Hijriah atau 1568 Masehi.

“Haul saat ini kita laksanakan dengan sederhana, mengundang keluarga besar Kasultanan Cirebon dan lainnya,” kata Patih Sepuh.

Patih Sepuh menjelaskan, dalam haul tersebut, pihaknya mendoakan semoga Allah SWT membalas amal ibadah Sunan Gunung Jati dan keluarganya, dengan sebaik-baiknya balasan.

Selain itu, melalui haul, dia juga mengajak agar umat Islam meneladani dan melaksanakan nasehat Sunan Gunung Jati.

“Sunan Gunung Jati meninggalkan amanat nasehat 42 petatah petitih. Yang sangat terkenal adalah ingsun titip tajug lan fakir miskin,” ujar Patih Sepuh

Haul Sunan Gunung jati sendiri dilaksanakan di salah satu peninggalan Sunan Gunung Jati mensyiarkan agama Islam di bumi Nusantara adalah Mesjid Agung Sang Cipta Rasa yang dibangun oleh Sunan pada tahun 1500-an yang sampai saat ini masih berdiri kokoh,” katanya.