Peluncuran buku ”Intensif Bedah Materi dan Soal Asesmen Nasional SMA/MA.

Eureka Edutech Luncurkan Buku Intensif Bedah Materi dan Soal Asesmen Nasional SMA/MA

JAKARTA (Independensi.com) – CEO dan Co Founder Eureka Mahendra memperlihatkan buku Intensif Bedah Materi dan Soal Asesmen Nasional SMA/MA di Gramedia Matraman, Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Pemerintahan Presiden Joko Widodo mendukung kebijakan peningkatan sisten evaluasi Pendidikan dengan kebijakan merdeka belajar serta diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Rerpublik Indonesia Nomor 17 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional, maka babak baru dunia Pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dimulai.Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan Asesmen Nasional.

Asesmen nasional (AN) berbeda dengan Ujian Nasional (UN). Jika UN dilaksanakan di akhir jenjang pendidikan (Kelas XII untuk jenjang SMA/MA), AN dilaksanakan di pertengahan masa pendidikan (Kelas XI untuk jenjang SMA/MA). Perbedaan mendasar lainnya adalah materinya. Capaian kompetensi pada UN berdasarkan mata pelajaran dasar, sedangkan pada AN bukan berupa mata pelajaran, melainkan berupa kemampuan Literasi dan Numerasi (yang terhimpun dalam Asesmen Kompetensi Minimum), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Bentuk soal AN juga lebih beragam, yaitu pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat, dan uraian. Demikian pula untuk level soalnya yang bertingkat. Untuk kemampuan Literasi, soal-soal disajikan mulai dari menemukan informasi, memahami informasi, hingga mengevaluasi dan merefleksi. Sementara itu, untuk kemampuan Numerasi, soal-soal disajikan mulai dari soal pemahaman hingga soal penalaran. Perbedaan inilah yang menyebabkan Anda perlu mengenal lebih dini tentang soal-soal Asesmen Nasional.

Mendukung program tersebut, Eureka Edutech (PT. Edukasi Rekanan Anda) Startup yang bergerak di bidang teknologi pendikan meluncurkan buku ”Intensif Bedah Materi dan Soal Asesmen Nasional SMA/MA”, di Jakarta, Jum’at 5 Agustus 2022.

Buku ini disusun oleh Tim penulis EUREKA yang berkompeten dibidangnya, Herman Huang selaku Founder, Tim Konten Literasi A.C. Mahendra K. Datu sekaligus CEO & Co-Founder yang dibantu oleh Ign. Yophiandi Kurniawan, Hadistian dan Feri Setiawan. Selanjutnya Tim Numerisasi Konten Herry Kwee dan Hendra Kwee sebagai Direktur yang dibantu oleh Jong Anly Tan, Zainul Abidin, Muhammad Khairul Ihsan dan Dimas Widianto Ramadhan.

Eureka mengembangkan aplikasi dan buku pembelajaran untuk mempersiapkan siswa menjadi pembelajar yang lebih baik dalam bidang literasi serta numerasi, yang juga bermanfaat bagi mereka yang mesuk atau terpilih untuk mengikuti proses asesmen kompetensi minimum melalui sekolah mereka masing-masing.

” Saya melihat dunia pendidikan kita harus melangkah lebih jauh, harus kompetitif dan bisa setara dengan negara maju untuk menciptakan talenta talenta dengan bakat masing masing sehingga dapat berkontribusi membangun negara,” kata Mahendra dari Eureka Edutech.

Buku ini adalah panduan dari Matematika, Kimia dan Fisika disusun untuk menjawab tantangan pendidikan nasional secara holistk. Buku ini dilengkapi dengan informasi lengkap terkait dengan Asesmen Nasional, bedah meteri literasi dan numerasi, contoh soal dan pembahasan materi literasi dan numerasi serta simulasi soal asesman nasional yang disusun berdasarkan indikator Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar).

CEO dan Co Founder Eureka Mahendra (tengah) foto bersama saat peluncuran buku ”Intensif Bedah Materi dan Soal Asesmen Nasional SMA/MA”, di Jakarta, Jum’at (5/8/2022).

Hadirnya buku ini salah satunya dilandasi oleh adanya kebijakan program Merdeka Belajar dari Kemendikbud, yaitu melaksanakan Asesmen Nasional (AN) sebagai upaya untuk mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan di Indonesia agar lebih baik di masa mendatang.

Untuk nilai kompetensi Membaca Indonesia berada dalam peringkat 72 dari 77 negara, Matematika berada di peringkat 72 dari 78 negara sedangkan Sains di peringkat 70 dari 78 negara. Nilai tersebut cenderung stagnan dalam 10-15 tahun terakhir,”ungkapnya.

Menerbitkan buku ini bukan sekedar bisnis, Buku ini bisa menjadi referensi bagi para guru di Indonesia untuk mendapatkan berbagai benefit terkait persiapan Asesmen Nasional sebagai berikut:

1. Informasi lengkap Asesmen Nasional
2. Bedah Materi dan Soal Literasi Fiksi
3. Bedah Materi dan Soal Literasi Informasi
4. Bedah Materi dan Soal Numerasi
5. Bank Soal dan Simulasi AN

Dimas Widianto Ramadhan dari tim penulis menambahkan isi konten buku ini tidak di buat asal- asalan, tapi dibuat dengan melibatkan orang yang memang menguasai bidang tersebut dan oleh orang yang kompeten di bidangnya. Dibuat dengan bahasa yang mudah dimengerti. Dari buku ini saya akan membayangkan saya lebih dari orang yang sekarang, kita diajak untuk berfikir dan membayangkan untuk kreatif semisal bilangan 12 tidak hanya 3×4 tapi berbagai macam cara,” pungkas Dimas..

Leave a Reply

Your email address will not be published.