Massa bayaran mendatangi Apartemen Pantai Mutiara di wilayah Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022).

Massa Bayaran Serang Kantor Pengelola Apartemen di Pluit

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Sekelompok orang yang diduga massa bayaran mendatangi Apartemen Pantai Mutiara di wilayah Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022) pagi.

Dalam video amatir yang direkam salah satu penghuni, terlihat gerombolan massa berbadan tegap ramai-ramai berjalan dari depan area apartemen.

Mereka juga menerobos masuk ke dalam kawasan apartemen dan melakukan penyerangan hingga merusak kantor pengelolanya.

Kelompok massa tersebut kemudian memasuki bagian dalam apartemen menuju ke lantai basement, tempat keberadaan kantor pengelola.

Video amatir lainnya merekam orang-orang diduga massa bayaran itu lantas membuat kericuhan dan mengintimidasi petugas kemanan hingga penghuni apartemen.

“Bahkan, tangan salah satu penghuni apartemen dipukul saat sedang merekam video dengan ponselnya.”

Meski ada aparat kepolisian hingga TNI berjaga, sekelompok orang diduga massa bayaran sendiri itu tetap melakukan perusakan kantor pengelola apartemen tersebut.

Akibat perusakan, pintu kantor pengelola apartemen tersebut pecah dan terjadi kerusakan.

Wakapolres Metro Jakarta Utara AKBP Erlin Tang Jaya mengatakan, sekelompok orang tersebut diduga diajak oleh pengelola apartemen untuk mendatangi hunian tersebut dan melakukan penyerangan.

Massa bayaran mendatangi Apartemen Pantai Mutiara di wilayah Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022).

“Jadi, tadi pagi kita dapat laporan bahwa ada sekelompok dari masyarakat yang masuk ke sini, mungkin menurut saya kelompok ini diajak oleh pengelola untuk membantu mengambilalih kantor yang ada di apartemen tersebut,” ujar Erlin di lokasi.

Kantor yang dirusak massa bayaran pagi tadi awalnya disegel warga yang sempat berkonflik dengan pengelola apartemen, jelas Erlin.

Buntut dari konflik tersebut, akhirnya pengelola diduga menyewa puluhan orang yang tiba-tiba datang dan membuat kekacauan.

“Kami pastikan bahwa pengrusakan ini sebenarnya dilakukan oleh pengelola sendiri, yang mana itu adalah kantornya sendiri yang ditutup oleh warga apartemen ini,” kata Wakapolres.

“Mungkin ada konflik antar pengelola dengan penghuni di sini sehingga terjadi keributan,” sambungnya.

Massa bayaran mendatangi Apartemen Pantai Mutiara di wilayah Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (12/9/2022).

Polisi memastikan, saat ini kondisi di apartemen sudah kondusif, meski belum ada yang diamankan dari peristiwa pagi tadi.

Petang ini, rencananya akan ada mediasi yang difasilitasi Polsek Metro Penjaringan antara penghuni dan pengelola apartemen.