Sat Lantas Polres Cirebon Kota Pasang Stiker Operasi Zebra Lodaya di Kendaraan

CIREBON (IndependensI.com) -Hari ke-7 Operasi Zebra Lodaya 2022, Satuan Lalu Lintas Polres Cirebon Kota melakukan sosialisasi dan pasang stiker pada kendaraan roda dan empat.

Sejumlah anggota Sat Lantas tampak memasang stiker berukuran kecil di kaca mobil dan bagian depan sepeda motor.

Kasat Lantas Polres Cirebon Kota AKP Triyono Raharja mengatakan pemasangan stiker ini sebagai salah satu sarana sosialisasi Operasi Zebra Lodaya 2022.

“Pemasangan Stiker imbauan disiplin berlalu lintas ini merupakan upaya preventif Polres Cirebon Kota dalam pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022,” kata Triyono didampingi Kasi Humas Iptu Ngatidja, Senin 10 Oktober 2022.

Diharapkan dengan pemasangan stiker ini, masyarakat paham akan pentingnya disiplin berlalu lintas guna terciptanya Kamseltibacar Lantas di wilayah hukum Polres Cirebon Kota.

“Tidak hanya itu, pemasangan stiker ini juga bertujuan untuk menyebarkan informasi kepada pengguna jalan bahwa kepolisian sedang melaksanakan Operasi Zebra Lodaya 2022 hingga 16 Oktober 2022,” tambahnya.

Triyono menambahkan, pelaksanaan Operasi Zebra Lodaya 2022 lebih mengedepankan upaya preventif dan preemtif.

“Pelaksanaan operasi Zebra Lodaya 2022 tidak berorientasi pada penegakan hukum dengan tilang namun berupa tindakan kepolisian preemtif dan preventif yang humanis,” kata Triyono.

Adapun prioritas penindakan Operasi Zebra Lodaya 2022 yakni menggunakan ponsel bagi pengendara, pengendara masih di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan sabuk pengaman, meminum alkohol saat berkendara dan melawan arus/melebihi batas kecepatan.