Itet Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan di Pesantren Alfurqon Tubaba

Loading

TUBABA (Independensi)- Itet Tridjajati Sumarijanto, Anggota MPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika) di Pondok Pesantren Alfurqon, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) pada Senin, 15 Agustus 2022.

Mengawali sambutan, tokoh yang akrab disapa Bunda Itet itu mengatakan bahwa Tubaba adalah Kabupaten yang unik dengan filosofinya (Nemen, Nedes, Neremo).

Nemen yang berarti kerja keras, nedes tahan banting, dan Neremo bermakna ikhlas.

“Terbukti kalau Tubaba dahulu hutan, berkat kreativitas pemimpinnya jadilah Kabupaten yang mampu mendatangkan tamu dari luar negeri” ujar Bunda Itet.

Lebih lanjut Bunda Itet menyampaikan Tubaba juga mampu memberikan contoh pembangunan yang dimulai dari desa menjadi desa wisata.

Selain itu, menurut Bunda Itet, 4 Pilar Kebangsaan ini penting dipahami dan ditanamkan pada seluruh generasi agar kehidupan bangsa Indonesia semakin kokoh dan mampu mengamalkan Pancasila di kehidupan nyata.

Ada pun kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan penampilan angklung interaktif dari Tricia Lelonowati Sumarijanto (Pegiat Seni Budaya di Amerika) yang merupakan putri pertama Bunda Itet.

Tricia mengatakan bahwa angklung dapat menjadi instrumen dalam membumikan Pancasila karena memiliki filosofi teamwork, mutual respect dan social harmony.