Kesiapan kampung tangguh di Kota Bekasi. (humas)

Uji Coba Kampung Siaga Bencana  untuk Kesiapan Masyarakat

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Guna mengetahui kesiapan Kampung Tangguh, Pemerintah Kota Bekasi menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka dan uji coba Kampung Siaga Bencana di Kecamatan  Pondokgede, Kamis (3/11/2022).

Kegiatan  dihadiri  Sekertaris Daerah Kota Bekasi, Reny Hendrawati, Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, Polres dan Kodim serta Dinas Sosial setempat.

Sebagaimana diketahui, Kampung Siaga Bencana merupakan bagian entitas dalam sebuah masyarakat yang memiliki peran penting dalam upaya penyelenggaraan penanggulangan bencana alam Indonesia.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Bekasi Reny Hendrawati mengemukakan bahwa  pembentukan kampung siaga bencana,  sebagai upaya yang tepat untuk memperluas jaringan kerja, mengoptimalkan potensi kesejahteraan sosial yang dimiliki daerah dengan bekerja sama Pemerintah Provinsi dan Kementerian Sosial.

Kampung Siaga Bencana mempunyai potensi besar untuk upaya penanggulangan bencana di Indonesia jika terjadi sinergi dengan relawan penanggulangan bencana Kementerian Sosial Republik Indonesia yaitu, Taruna Siaga Bencana (TAGANA). Untuk mengantisipasi bencana alam harus disiapkan dan diperlukan simulasi, lakukan dengan maksimal dan keikhlasan, ujarnya.

Reny  pun mengukuhkan struktur organisasi kampung siaga bencana di Kecamatan Pondokgede dan melakukan simulasi apabila terjadinya bencana. Sebelumnya, pelaksanaan dari Kampung Siaga Bencana diselenggarakan  tiga hari di Kelurahan Jatibeningbaru Kecamatan Pondokgede. (jonder sihotang)