Gus Falah & Kementerian ESDM Berikan Konverter Kit Pada Nelayan Lamongan

Loading

LAMONGAN (Independensi)- Anggota DPR-RI Dapil Jawa Timur X Nasyirul Falah Amru (Gus Falah), bersama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan PT Pertamina (Persero) menyalurkan paket mesin konverter kit kepada para nelayan di Desa Jatirenggo dan Desa Meluwur, Kecamatan Glagah, Kabupaten Lamongan, baru-baru ini.

Gus Falah menyatakan, pemberian paket bantuan ini dalam rangka konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG).

Politisi PDI Perjuangan itu mengungkapkan Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg yang merupakan bahan bakar bagi mesin perahu dalam paket bantuan tersebut, lebih efisien dari segi biaya. Hal itu dapat mengurangi biaya melaut bagi nelayan.

“Penggunaan mesin perahu berbahan bakar LPG ini bisa mengurangi biaya melaut, dibandingkan menggunakan BBM. Jadi secara ekonomi, berdampak positif bagi nelayan,” ujar Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (17/11/2022).

Selain itu, lanjut Gus Falah, penggunaan mesin konverter kit ini bisa mendukung langkah Indonesia dalam mengurangi emisi karbon. Apalagi, Indonesia memiliki target nol emisi karbon pada 2060.

Anggota Komisi VII DPR-RI itu melanjutkan, bantuan ini merupakan wujud dari pengawalan aspirasi masyarakat, khususnya nelayan di Kabupaten Lamongan dan Kabupaten Gresik.

“Kedepannya, bersama Kementerian ESDM dan para pihak terkait seperti Pertamina, kami akan terus mengupayakan agar saudara-saudara nelayan di Lamongan dan Gresik bisa menikmati bantuan ini,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perikanan Lamongan yang diwakili oleh Hendra mengungkapkan terima kasih kepada Gus Falah dan Kementerian ESDM atas tersalurkannya bantuan mesin bagi nelayan ini.

“Ini sangat membantu nelayan, karena rata-rata peralatan nelayan disini sudah tua dan butuh peremajaan. Saya berharap bantuan konverter kit bagi nelayan ini ditambah kuotanya,” ujar Hendra.