Gus Falah Harap KEK Bermaslahat Bagi Warga Gresik

JAKARTA (Independensi)- Anggota DPR-RI Dapil Jawa Timur X (Lamongan dan Gresik) Nasyirul Falah Amru menyambut baik beroperasinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

Politisi PDI Perjuangan yang akrab disapa Gus Falah itu berharap, KEK bisa mendatangkan kemaslahatan bagi masyarakat Gresik, khususnya dalam hal penyediaan lapangan kerja.

“Sebab BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat bahwa tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Gresik itu mencapai 8 persen dari total populasi. Nah, semoga KEK bisa menjadi jawaban dari problem ini,” ujar Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Kamis (24/11/2022).

Gus Falah melanjutkan, kehadiran KEK ini seharusnya membuat pemerintah daerah (Pemda) berupaya maksimal mempersiapkan warga Gresik menjadi tenaga-tenaga kerja terampil yang dibutuhkan industri.

Program-program pelatihan dan keterampilan harus dioptimalkan oleh Pemda.

“Pemerintah juga perlu membangun sinergi yang berkesinambungan dengan dunia industri, agar kesempatan kerja bagi warga lokal itu dibuka,” ujar Gus Falah.

Seperti diketahui, KEK telah beroperasi melalui Keputusan Ketua Dewan Nasional KEK Nomor 1 Tahun 2022 pada 8 November 2022.

KEK Gresik memiliki kegiatan utama di bidang industri metal (smelter), elektronik, kimia, energi, dan logistik. Diharapkan, KEK Gresik mampu menjadi pusat perekonomian baru bagi Provinsi Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *