Ilustrasi. (Dok/Ist)

“Kam Sa Ham Mi Da” Portugal

Loading

JAKARTA – Timnas sepakbola Korea Selatan rasanya lebih pantas menyampaikan ucapan  terima kasih atau dalam bahasa Korea, Kam-sa-ham-mi-da kepada timnas Portugal. Skuat Negeri Ginseng lolos dari lubang jarum setelah bermain habis habisan, mengalahkan Portugal 2-1 di ajang Piala Dunia 2022, Jumat (2/12/2022). Sebaliknya, Uruguay menangis meskipun menang 2-0 atas Ghana dipenghujung penyisihan grup H.

Di grup G, tim Samba Brasil  harus ditaklukan Kamerun dengan angka tipis 0-1 dan Swiss mengalahkan Serbia 3-2. Laga penghujung kedua grup dilanda berbagai kejutan, Brasil, grup G tak terduga kalah dari Kamerun. Sedangkan di grup  H, Portugal dikalahkan Korsel 1-2.

Eddy Lahengko (Ist)

Kejutan laiinnya dialami Ghana yang hanya butuh main imbang dengan Uruguay, tidak mampu menahan gempuran Luis Suarez  dkk. Ghana ditaklukan 2-0, dan harus angkat kaki dari Qatar. Kendati demikian, kekalahan Brasil dan Portugal tak mempengaruhi posisi memimpin grup menuju 16 besar.  Justru Portugal menjadi penentu tim yang mendampingi meraih satu tiket ke babak selanjutnya dari grup H.

Kalau Korsel pantas berterima kasih kepada Portugal, dimana timnas Uruguay menangisi kekalahan Ronaldo dkk malah tersingkir. Itulah fenomena di sepakbola, banyak terjadi kejutan.

Dengan berakhirnya penyisihan grup, maka dari grup G kandidat juara Brasil didampingi Swiss dan Portugal menggandeng Korsel. Adapun tim-tim yang berhak maju ke fase gugur adalah, Belanda, Senegal (grup A), Argentina, Amerika Seikat (grup B), Argentina, Polandia ( grup C), Prancis, Australia ( grup D), Jepang, Spanyol (grup E), Maroko, Kroasia ( grup F), Brasil, Swiss ( grup G), Portugal, Korsel (grup H).

Pertarungan Korea menghadapi Portugal berlangsung seru dan dramatis. Pemain Korsel mengerahkan seluruh kemampuan mereka di bawah arahan coach Paulo Bento asal Portugal. Bento adalah pelatih berpengalaman yang juga pernah menangani Timnas Portugal, mengharuskan para asuhannya untuk tampil agresif.

Dibawah komando, Kapten tim Son Heung Min, Korsel menggempur pertahanan ketat Portugal dengan serangan balik cepat langsung menusuk ke jantung kekuatan lawan. Kondisi ini membuat skuat Portugal yang dikoordinasikan pemain gaek dan berpengalaman, Pepe justru kewalahan.

Strategi serangan balik Bento  diterjemahkan dengan baik oleh para pemain Korsel yang memiliki semangat juang tinggi tanpa mengenal lelah. Kecepatan para pemain melakukan serangan balik itu membuat kocar kacir pertahanan Portugal.

Son yang merumput di Tottenham Hotspur itu bahu-membahu dengan rekan satu timnya mengawal daerah pertahanan jika mendapat tekanan dari Christiano Ronaldo dkk. Kemudian saat menguasai bola, melakukan serangan balik cepat melalui umpan lambung ke daerah lawan, diselesaikan dengan baik pemain-pemain Korsel.

Seakan memiliki tenaga ekstra, para pemain Korsel bergerak terus kemana arah bola. Memasuki fase injury time, ketika pertahanan Korea dikurung pemain Portugal, dan bola dikuasai pemain Korea, langsung melepaskan bola ke depan melalui serangan balik yang cepat. Bola dilesatkan Hwang Hee Chan ke gawang yang dikawal  Costa. Gol dari buah serangan balik ini menghantar Korsel lolos ke babak 16 besar dan sekaligus mengubur asa Uruguay.

Jadwal 16 Besar:

Belanda vs Amerika Serikat pukul 22.00 WIB, Sabtu (3/12/2022).

Argentina vs Australia pukul 02.00 WIB, Minggu (4/12/2022).

Prancis vs Polandia pukul 22.00 WIB, Minggu (4/12/2022).

Inggris vs Senegal pukul 02.00 WIB, Senin (5/12/2022).

Jepang vs Kroasia pukul 22.00 WIB, Senin (5/12/2022).

Brasil vs Korea pukul 02.00 WIB, Selasa (6/12/2022).

Maroko vs Spanyol pikul 22.00 WIB, Selasa (6/12/2022).

Portugal vs Swiss pukul 02.00 WIB, Rabu (7/12/2022). (Eddy Lahengko)