Gus Falah Dukung Upaya Puan Perkuat Hubungan Indonesia-Qatar

Loading

DOHA (Independensi)- Ketua Tanfidziyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah mendukung upaya Ketua DPR RI Puan Maharani memperkuat hubungan Indonesia dan Qatar.

Upaya itu dilakukan Puan dengan melakukan kunjungan ke Qatar dan mengadakan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Syuro Qatar Hassan bin Abdullah Al-Ghanim dan Wakil Ketua Majelis Syuro Qatar Hamda bint Hassan Al-Sulaiti di Doha, Minggu (4/12/2022).

Gus Falah menyatakan, Qatar tak hanya nemiliki nilai strategis bagi Indonesia, tapi juga untuk dunia Islam. Qatar, selama ini dikenal memperjuangkan nilai-nilai Islam di panggung dunia.

“Dalam perhelatan Piala Dunia 2022 ini, contohnya, kita melihat Qatar sebagai negara Islam pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia mempromosikan Islam dengan beragam cara yang bisa diterima publik dunia, seperti pembacaan ayat suci Al-Qur’an pada upacara pembukaan, memperkenalkan Islam melalui seni dan teknologi serta memperdengarkan kumandang azan di stadion,” ungkap Gus Falah dalam keterangan tertulisnya, Senin (5/12/2022).

Gus Falah melanjutkan, keteguhan Qatar menjaga nilai-nilai Islam juga terlihat ketika melarang berbagai simbol LGBTQ+ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer dan lainnya) selama perhelatan. Meski sikap Qatar ini mengundang kritikan sebagian kalangan, namun Emirat Teluk ini tetap teguh pada prinsipnya.

Dan, lanjut Gus Falah, yang tak kalah penting adalah keteguhan Qatar mendukung perjuangan rakyat Palestina. Hal itu, ungkap Gus Falah, ditunjukkan dengan penolakan Qatar melakukan normalisasi hubungan dengan Israel.

“Ketika beberapa negara Arab melakukan normalisasi hubungan dengan Israel, Qatar teguh pada prinsip tak mau berhubungan dengan Israel selama penjajahan terhadap bangsa Palestina masih berlangsung. Sikap ini sejalan dengan Bung Karno, yang menjadi haluan politik luar negeri Indonesia hingga kini,” papar Gus Falah, yang juga Sekum Baitul Muslimin Indonesia ini.

Karena itu, Gus Falah menyatakan upaya Puan Maharani itu sangat tepat. Sebab sinergi Qatar dan Indonesia sebagai dua negeri Muslim yang besar, bisa semakin memajukan dunia Islam di panggung internasional.

“Mbak Puan sangat paham geo-politik internasional. Beliau juga pasti memahami peran strategis Qatar, sehingga ketika Indonesia dan Qatar semakin bersinergi, maka kontribusi dunia Islam bagi kemaslahatan umat manusia pun semakin nyata,” ujar Gus Falah.