Foto : Warga Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur, saat menjalani pemeriksaan mata gratis yang digelar Saka Indonesia Pangkah Limited.

Peduli Persoalan Refraksi SIPL Gelar Pemeriksaan Mata dan Pemberian Kacamata Gratis

Loading

GRESIK (Independensi.com) – Dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap anak usia sekolah, guru (pengajar) dan lanjut usia (lansia), yang mengalami gangguan pengelihatan atau mata. Saka Indonesia Pangkah Limited (SIPL) menggelar Program aksi SAKA PEDULI. 

Kegiatan yang merupakan bagian dari komitmen SAKA melalui CSR (Corporate Social Responsibility) itu, berlangsung di Desa Pangkahwetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Relation Manager SIPL, Erry Prihandri Affandi mengatakan, sasaran Program aksi SAKA PEDULI saat ini adalah membantu akan kebutuhan masyarakat terkait alat bantu penglihatan. Karena, ada warga di Desa Pangkahwetan khususnya yang mengalami ganguan pada fungsi pengelihatan (mata).

“Mata Jendela Dunia” itulah yang mendasari Saka Indonesia Pangkah Limited melaksanakan program aksi ini, sebaga upaya kami dalam membantu masyarakat. Khususnya bagi para pelajar, yang memiliki pengelihatan kurang baik,” ujarnya, Jumat (30/12).

“Apalagi disini, banyak dari mereka atau para orangtua justru tidak menyadari bahwa sang anak memiliki gangguan refraksi (pengelihatan). Padahal, kondisi itu jika dibiarkan tentu akan menganggu proses belajar anak-anak disekolah,” sambungnya.

Selain anak-anak lanjut Erry, para guru yang juga mengalami refraksi perlu dibantu agar bisa melaksanakan tugasnya dengan maksimal dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa.

“Pangkahwetan yang merupakan kawasan pesisir dan masyarakatnya  bermata pencaharian sebagai nelayan. Tentu dalam melakukan aktifitasnya melaut selalu terpapar sinar matahari secara langsung. Sehingga mata yang merupakan bagian paling sensitif jika tidak dijaga dengan baik maka rawan adanya gangguan pengelihatan,” tuturnya.

“Agar apa yang kami lakukan bisa langsung menyentuh masyarakat yang membutuhkan akan hal tersebut, aksi SAKA PEDULI memberikan kacamata gratis bagi mereka yang mengalami gangguan pengelihatan. Baik, pada anak-anak, dewasa hingga lansia agar mereka bisa melaksanakan kegiatan atau aktifitas dengan baik tanpa ada kendala,” tegasnya.

“Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjut-usiaan, kami ingin membantu pemerintah dalam memberikan perhatian khusus kepada lasia. Demi mewujudkan lansia yang sejahtera, mandiri, dan bermartabat,” sambungnya.

Erry menambahkan, dalam kegiatan Ini Saka Indonesia Pangkah Limited dengan di fasilitasi Rumah Sakit Mata Undaan surabaya dan NGO SPEKTRA membantu pemeriksaan mata terhadap 225 orang warga Desa Pangkahwetan.

“Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat setempat, bahkan mereka mengungkapkan sangat senang dengan adanya kegiatan yang sangat membantu mereka,” imbaunya.

“Harapan Saka Program Aksi Saka Peduli ini, dapat memberikan keberkahan, Kesehatan mata yang Prima sehingga Masyarakat dapat melakukan aktifitas positif dan beribadah dengan lebih baik,“ pungkas Erry (Mor)