Banjir di Permukiman warga di RT 5/RW 14, Depok.

Sering Banjir di Wilayahnya, Warga Berharap Normalisasi Gorong-Gorong

Loading

DEPOK (Independensi.com) –Permukiman warga di RT 5/RW 14 Jalan Merpati Putih Raya, Cimanggis, Depok menjadi kawasan langganan banjir saat curah hujan tinggi. Sampai-sampai, warga di kawasan itu hafal asal air banjir dari mana.

Diketahui, Jika curah hujan tinggi banjir menggenang permukiman warga di RT 5/RW 14 Tinggi air mencapai 20-30 cm.

Zainal Abidin selaku Ketua RT 05/14 mengatakan, saat hujan dengan intensitas tinggi warga sudah terbiasa dengan banjir, dikarenakan saluran air wilayahnya sangat sempit, sehingga air gampang meluap kepemukiman dan menjadi banjir.

“Kalau banjir disini buat kami  sudah biasa. Kita nggak bisa bilang sering, masyarakat berharap ada normalisasi gorong gorong di wilayah kami agar air tidak meluap ke pemukiman warga,” katanya.

“Kalau memang curah hujan tinggi, aliran air nggak berjalan, makanya kita banjir di sini,” sambung Zainal.

Zainal berharap ada solusi permanen agar banjir tak terulang lagi, misalkan dengan normalisasi gorong gorong dan sodetan saluran air. Namun, dia menyadari mengatasi banjir bukan hal mudah.

“Kita memang selalu rutin adakan Kerja Bakti bersihkan saluran air, lumpur menumpuk karena terbawa arus air. Kita berharapnya biar nggak banjir lagi, bisa dibuat gorong gorong ya. Kalau bicara penyebab banjir aja kompleks ya, sama kayak solusinya juga kompleks,” ucapnya.