Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat melantik personil Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Bekasi periode 2022-2027. (humas)

Pj Bupati Bekasi: FPK Dapat Menjaga Stabilitas Masyarakat.

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat periode 2022-2027 dilantik,  Senin (13/3/2023). Pelantikan dilakukan Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan di Gedung Swatantra Wibawa Mukti, Komplek Pemkab Bekasi.

FKP dibentuk untuk menjaga stabilitas di masyarakat, mengingat wilayah Kabupaten Bekasi yang majemuk dari sisi suku, ras, maupun agama, Kabupaten Bekasi membutuhkan sebuah forum.

Kabupaten Bekasi sebagai daerah yang menjadi realisasi investasi tertinggi di Jawa Barat, berbagai macam kepentingan antar kelompok ini bisa menjadi faktor gesekan di masyarakat.

Maka, perlu kita jaga bisa sehingga tidak menjadi sumber-sumber konflik. Maka,  forum pembauran ini menjadi kunci. Dan setiap  ada gesekan apapun, para  tokoh-tokoh yang ada di forum ini dapat turun untuk meredam tidak membawa ego sukunya tapi justru menyatukan kembali.

Dani  mengharapkan, FKP memiliki peran yang penting dalam mengedukasi masyarakat diberbagai komunitas kesukuannya menjelang momentum Pemilu tahun 2024 mendatang yang rawan terhadap konflik.

Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Bekasi, KH. Ahmad Ghufron menyampaikan bahwa  FKP memiliki peran dan fungsi dalam memberikan sosialisasi mengenai ideologi bangsa.

Pancasila, Undang-Undang Dasar 45, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, wajib kita resapi dan renungkan sehingga anggota FPK punya kesadaran secara personal maupun institusi untuk terus melakukan sosialisasi, katanya.

FKP juga punya peran menyerap aspirasi  masing-masing kelompok yang ada perwakilan di organisasi  (jonder sihotang)