Lahan pesawahan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat yang dilanda banjir. (ant)

6.000 Ha Padi Gagal Panen: Petani Bekasi Korban Banjir Dibantu Bibit dan Pupuk

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Dampak banjir yang melanda sekitar 6.000 hektare sawah masyarakat di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat,
Pemerintah daerah setempat dan Kementerian Pertanian, memberikan bantuan bibit dan pupuk gratis. Batuan dikhususkan  bagi  petani yang gagal panen akibat lahan pesawahannya terendam banjir.

Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian insyaallah akan memberikan bantuan bibit. Sedang  dari Pemkab Bekasi melalui  dana APBD tahun 2023  akan membantu berupa pupuknya.

Penjelasan ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi usai rapat monitoring  tanggap darurat, kemarin.

“Kita  prihatin terhadap kondisi petani yang lahannya terkena banjir  sehingga harus mengalami gagal panen di sejumlah wilayah Kabupaten Bekasi”, katanya.

Pada banjir  awal 2023,  Menteri Pertanian  Syahrul Yasin Limpo sempat  meninjau lokasi persawahan di Desa Sukabakti Kecamatan Tambelang.

Dampak banjir tersebut, petugas Dinas Pertanian  sudah mendata guna mengetahui besaran bantuan yang akan diberikan, termasuk nama-nama petaninya. (jonder sihotang)