Dirut PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi saat membuka pelatihan pengamanan anggota Satpam. (humas)

Tingkatkan Profesionalisme, Satpam PDAM Tirta Bhagasasi Dilatih

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-Tugas dan tanggung jawab seorang Satpam atau security dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan perusahaan, sangat penting.  Yang paling utama, bahwa petugas security tidak boleh atau tidak seorangpun yang bisa diajak kompromi melakukan hal-hal yang tidak diinginkan.

Penegasan itu disampaikan Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi,  Usep Rahman Salim saat membuka pelatihan pengamanan 86 petugas Satuan Pengaman (Satpam) Perusahaan tersebut, Rabu (15/3/2023).

Pelatihan dibagi dalam dua hari, mulai Rabu dan Kamis (15-16/3/2023) di kantor pusat PDAM Kecamatan  Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi.

Petugas Satpam harus profesional dibidang pengamanan. Maka, direksi perusahaan menyelenggarakan pelatihan agar tugas dan tanggung jawab ini dapat diemban secara profesional, tambah Usep.

“Petugas security tidak ada bedanya dengan pegawai PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi yang lain. Bahkan, lebih bertanggung jawab terhadap keamanan, situasi dan kondisi perusahaan,”  katanya.

Dengan adanya pelatihan ini, para pegawai security ini menjadi lebih tangguh, lebih profesional dan lebih memahami tugas pokok yang diemban.

“Jadi, tidak ada yang tidak siap, tidak royal, bahkan tidak sanggup,” tegas Usep di hadapan para peserta pelatihan.

Dengan waktu pelatihan yang cukup singkat, ia berharap petugas Satpam dapat memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya.

Usep  dengan tegas mewanti-wanti kepada jajaran Satpam bahwa tidak boleh melakukan kesepakatan atau bekerja sama dengan pihak tertentu untuk melakukan tindakan tak terpuji, yang dapat merugikan perusahaan.

“Yang paling utama, bahwa petugas security tidak boleh atau tidak seorangpun yang bisa diajak kompromi melakukan hal-hal yang tidak diinginkan,” tegasnya.

Setiap pribadi Satpam harus lebih profesional, lebih memahami dan lebih siap untuk melaksanakan instruksi atau perintah-perintah dari perusahaan.

Pada kesempatan itu, Penjabat Sementara (Pjs) Kasubag Satpam PDAM Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi, Fajrin Fauzi, menambahkan, sebanyak 86 petugas satpam mengikuti pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari. Hari ini, ada 28 pegawai yang mengikuti pelatihan. Selebihnya, dijadwalkan besok hari,” terangnya. (jonder sihotang)