ASPAC siap digelar di Jakarta pada 10-13 Mei 2023.

JCI ASPAC 2023 Siap Digelar

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Perhelatan organisasi kepemudaan Internasional bertajuk Junior Chamber International (JCI) Asia-Pacific Conference (ASPAC) siap digelar di Jakarta pada 10-13 Mei 2023. Acara besar tersebut akan dihadiri sekitar 5000 tamu delegasi JCI dari berbagai negara Asia Pasifik dan negara lainnya.

JCI didirikan di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat pada tanggal 13 Oktober 1915. Anggotanya adalah para pemuda berusia 18-40 tahun, memiliki alumni lebih dari 2 juta orang dan tersebar lebih dari 115 negara di seluruh dunia. Organisasi ini sudah berusia 108 tahun di dunia dan 52 tahun di Indonesia sejak 1971.

Beberapa waktu lalu, JCI Indonesia berkesempatan melakukan audiensi dengan perwakilan dari Kementerian Luar Negeri RI, (Kemlu RI) yaitu Lailal Khairiyah Yuniarti selaku Kepala Subdit Sosial Budaya di Direktorat Diplomasi Publik. Pertemuan resmi tersebut membahas mengenai acara JCI ASPAC yang akan datang dan dibalas afirmasi positif dari pihak Kemenlu karena melihat potensi yang besar dari acara tersebut.

Dalam acara JCI ASPAC 2023 sedianya akan diisi pelbagai kegiatan Seminar, Training, Trade Show, General Assembly, JCI forum antar negara membahas isu-isu teraktual yang ada dan penyelesaiannya, pertukaran budaya dalam kegiatan National Nights, Business Forum, Exhibitions, JCI Debating Championship, JCI World Public Speaking Championship, JCI Awards Ceremony, Twinning Chapter, JCI ASPAC Senate Board Meeting dan Farewell Ball.

Dukungan Kemlu

Dengan jumlah member JCI yang cukup banyak beserta dukungan dari pihak Kemenlu dalam hal promosi, hal tersebut dapat menjadi peluang dalam memaksimalkan tamu delegasi JCI dari luar negeri. Selain itu, juga dapat meningkatkan berbagai aspek mengenai pemulihan pembangunan ekonomi nasional dan menjadi momentum kebangkitan pariwisata Indonesia.

Melihat potensi besar pada event JCI ASPAC, pihak Kemenlu juga ingin membuka peluang mengenai potensi bersinergi dengan Kedubes luar negeri ketika ada event Internasional JCI di luar negeri. Selain itu, juga merealisasikan kerjasama pelaksanaan pendidikan seni budaya Indonesia khusus warga asing yang mendapat beasiswa.

“JCI Asia-Pacific Conference (ASPAC) 2023 diharapkan menjadi benefit yang luar biasa bagi Indonesia sebagai tuan rumah karena merupakan JCI ASPAC pertama pasca pandemi Covid-19 yang diadakan secara luring dan menjadi acara yang sudah dinanti-nantikan bagi member JCI”, ucap Felix Soesanto selaku National President JCI Indonesia.