Irvan Nat, Sang Vocal Director Berbagi Ilmu di Bali

Loading

Denpasar (independensi.com) – Apresiasi kita terhadap suatu karya lagu hendaknya diekspresikan juga dengan menorehkan improvisasi melodi, intonasi, gestur tubuh dan gejolak emosi dalam menyanyikannya sehingga pesannya sempurna sampai ke telinga pendengar. Tanpa itu sebuah karya hambar tak berarti.

“Misalnya lagu ‘Love of My Life’ dari Queen, Sang maestro Freddy Mercury begitu dalam dan penuh penghayatan sehingga berhasil membawakannya dengan sukses ke telinga pendengar seantero dunia,” kata Ivan Natadiningrat, Vocal Director & Recording Producer saat digelar Exclusive Vocal Workshop ‘The Other Side of Singing di Mural Cafe, Sanur Denpasar, Sabtu (1/4/2023).

Antusiasme peserta workshop yang kebanyakan dari kalangan Penyanyi, Manajemen artis dan anak-anak binaan Caca Anska, Sang Instruktur Vokal di Bali

Ivan secara lugas memberikan diseminasi informasi terkait keterkaitan suasana hati dan makna lyrics yang harus dibawakan sepenuh jiwa tanpa beban.

Puluhan peserta lokal dan mancanegara dibekali informasi bagaimana memperlakukan sebuah karya lagu serta teknik ‘membangun’ ikatan emosi dengan pendengar melalui pendekatan-pendekatan yang praktis dan simpel dan holistik.

Irvan seakan memahami apa yang dibutuhkan oleh industri dan melengkapinya dengan kiat-kiat dalam menempuh suatu ajang kompetisi ataupun giat pencarian bakat/talent dengan maksimal.

“Intinya, Irvan Nat ingin berbagi ilmu dengan berbekal segudang pengalamannya berada dibalik kesuksesan berbagai artis nasional,” tutur Caca Anska, Inisiator acara yang juga Vocal Coach jempolan ini.

Pihaknya tidak menyangka antusiasme yang tinggi dari peserta dari Bali. Bahkan Irvan Natadiningrat, Sang Vocal Director & Recording Producer memberikan apresiasi terhadap membludaknya peserta.

“Hal ini menunjukkan bahwa sesungguhnya banyak sekali potensi talenta-talenta penyanyi yang ada disini, tinggal bagaimana memperkuat kesiapan performa mereka agar bisa mencuat ke tingkat nasional,” terangnya.

Dirinya rela terbang dari Jakarta ke Bali untuk berbagi ilmu dengan menggelar Exclusive Vocal Workshop ‘The Other Side of Singing di Mural Cafe, Sanur.

“Sejatinya aku ingin ada ‘local Hero’ munculnya penyanyi dari Bali di ajang nasional maupun internasional,” pungkasnya lirih. (hd)