726 Pemudik “Mudik Bareng Jaksa Agung” Secara Gratis ke Tujuh Daerah Tujuan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak 726 pemudik yang akan pulang kampung untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 1444 H mengikuti kegiatan “Mudik Bareng Jaksa Agung” secara gratis ke tujuh daerah tujuan, Selasa (18/04/2023).

Mudik bareng yang gelar Kejaksaan RI dan Persatuan Jaksa Indonesia (Persaja) dengan menggunakan 14 bus dilepas Wakil Jaksa Agung Sunarta mewakili Jaksa Agung di depan Gedung Utama Kejaksaan Agung, Jakarta,

Sunarta saat melepas rombongan “Mudik Bareng Jaksa Agung” mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk sinergi yang baik antara Kejaksaan RI dan Persaja dan menjadi momentum untuk mewujudkan rasa kepedulian membantu meringankan beban masyarakat.

“Terutama masyarakat yang akan pulang kampung guna merayakan Hari Raya Idul Fitri dan mempererat tali silahturahmi dengan keluarga, namun terkendala biaya transportasi yang tinggi,” ucapnya.

Oleh karena itu dia menyebutkan dengan adanya mudik bareng gratis dapat meringankan beban pengeluaran masyarakat di saat adanya kenaikan harga komoditas jelang hari raya.

“Lebih dari itu memberi manfaat sosial yang besar bagi masyarakat. Karena sejatinya tidak hanya mengurangi beban biaya transportasi pemudik. Tapi juga membantu mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan di hari raya,” ujarnya.

Dia mengatakan juga kegiatan mudik bareng pada hakikatnya merupakan salah satu bentuk amaliah yang bernilai ibadah dan mengandung hikmah puasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga.

“Namun juga turut menyuntikkan kesadaran bersama untuk menumbuhkan rasa empati kepada sesama, yang pada gilirannya akan menguatkan nilai-nilai solidaritas,” ucapnya.

Sunarta pun berharap kegiatan mudik bareng ini dapat menjadi rutinitas di masa mendatang dengan menyasar masyarakat yang lebih luas dan cakupan wilayah tujuan mudik yang lebih banyak lagi.

“Selain itu langkah positif yang telah kita inisiasi bersama dengan Persaja dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk dapat berbuat yang terbaik bagi kebaikan bersama,” tutur mantan Kajari Palembang ini.

Adapun kegiatan “Mudik Bareng Jaksa Agung” menggunakan sarana bus sebanyak 14 bus dengan tujuan tiga bus ke Solo, tiga bus ke Semarang, empat bus ke Yogyakarta, dua bus ke Surabaya dan satu bus masing-masing ke Taksimalaya, Garut dan Lampung.(muj)