Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan.

Pemkab  Bekasi Bentuk Satgas Antisipasi Pendatang Pasca Lebaran

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Usai Lebaran 2023, Pemerintah Kabupaten Bekasi kembali mengoptimalkan Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Pengangguran. Tujuannya  untuk meningkatkan penyerapan tenaga kerja lokal sebagai antisipasi kehadiran para pendatang.

“Sedang kami kaji, karena bagaimanapun pengangguran terus tinggi akibat dari lapangan kerja diserbu dari luar sehingga perlu dikaji kembali upaya-upaya untuk mendapat win-win solution,” kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, Senin (1/5/23).

Dani menjelaskan, keberhasilan capaian Satuan Tugas Penanggulangan Pengangguran Kabupaten Bekasi yang sebelumnya dibentuk untuk menangani persoalan penyerapan tenaga kerja lokal akan kembali dioptimalkan. Tentunya agar tenaga kerja lokal mendapatkan prioritas utama demi terus mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bekasi.

Beberapa langkah yang telah dilakukan Pemkab Bekasi yaitu MoU dengan 60 perusahaan untuk bisa memprioritaskan penyiapan lapangan kerja bagi tenaga lokal.  Jejaring dengan lembaga pendidikan dan perbankan juga terus dikembangkan agar pendidikan bisa dibiayai perbankan.  Kemudian calon pencari kerja dan tenaga kerja bisa meningkatkan kompetensinya.

Selain itu, pemerintah daerah tidak berfokus hanya pada lapangan kerja industri, tetapi juga UMKM yang juga jauh lebih besar daya serapnya jika dioptimalkan.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Bekasi terdapat beberapa kawasan industri dan dihuni ribuan perusahaan. Bahkan, kawasan industri di daerah ini, terbesar di Asia. Hal ini menjadi magnet para pencari kerja datang ke Bekasi. (jonder sihotang)