Universitas Trisakti Gelar pameran karya seni dengan tema Artfection di Universitas Trisakti, Jakarta, Selasa (23/5/2023).

FSRD Usakti Gelar Pameran Seni dan Desain dengan Konsep Kontribusi Lingkungan

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Fakultas Seni Rupa dan jl Desain Universitas Trisakti menggelar pameran karya seni dengan tema Artfection, Selasa, 23 Mei 2023, di Kampus A Universitas Trisakti, Jakarta.

Pameran tersebut menampilkan berbagai karya dari para dosen, alumni, dan mahasiswa. Hadir dalam gelaran pameran tersebut di antaranya Wakil Dekan III  Susy Irma Adisurya, S.Sn, M.Ds dan Asisten Wakil Dekan III : R.A. Heryani Wahyuningrum, S.Sn, M.Sn.

Artfection mengusung konsep kolaborasi antara seni dan desain yang berkelanjutan yang berkontribusi bagi lingkungan hidup masyarakat yang luas.

konsep pameran ini merupakan inspirasi dari Inspirasiku Jilid 1 pada 2020 dan Jilid 2 pada 2022.

“Artfection menggabungkan dua kata yaitu “Art” yang berarti seni dan “Affection” yang dapat diartikan sebagai rasa menyukai. judul tersebut mendasari karya yang dipamerkan dan merupakan ekspresi personal peserta pameran,” ujar Dekan FSRD Sangayu Ketut Laksemi Nilotama , M.Ds kepada wartawan Selasa, 23 Mei 2023.

Sangayu mengatakan, karya-karya yang ditampilkan meliputi karya dari program Studi Desain Interior, Desain Produk, Desain Komunikasi Visual, dan Fotografi. Sementara format karya meliputi 2 dimensi, 3 dimensi, video, instalasi, dan galeri virtual yang memamerkan karya-karya NFT.

Karya-karya tersebut, kata dia, telah dikurasi oleh kurator yang terdiri dari para alumni FSRD Universitas Trisakti, yaitu Diana Nazir, Atika Sun, dan David Rafael Tandayu.

Sangayu menambahkan, karya-karya yang ditampilkan dibuat berdasarkan “Experience Desaign Thinking” yang menampilkan ciri khas FSRD Universitas Trisakti yang mengedepankan kekuatan konsep, strategi komunikasi yang tepat, mengikuti perkembangan teknologi serta didukung oleh jaringan yang luas.

Selain itu, “Experience Desaign Thinking” dilakukan untuk menjaga standar dari sebuah karya seni dan desin bagi setiap pelaku bidang kreatif untuk mewujudkan karya yang dapat dipertanggungjawabkan dan berguna bagi masyarakat.

Ditempat yang sama, Ketua Ikatan Keluarga Alumni Universitas Trisakti (IKA Usakti) Tb Robby Budiansyah mengapresiasi kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan pameran tersebut.

“IKA USAKTI sangat mengapresiasi pameran ARTFECTION, sebuah gelaran yang diharapkan mampu memberikan stimulus bagi para pemangku kepentingan, antara lain dosen, mahasiswa dan alumni FSRD Universitas Trisakti,” ucapnya.

Robby memiliki pandangan bahwa kegiatan ini mampu memberikan dampak positif bagi seluruh civitas akademika Universitas Trisakti hingga mampu menghasilkan karya terbaiknya di kancah nasional maupun internasional dan selalu siap memberikan darma bakti terbaiknya untuk mewujudkan pembangunan Indonesia yang kompetitif dan unggul.

“Pameran ini memberikan dampak sangat positif bagi seluruh civitas akademika Universitas Trisakti hingga mampu menghasilkan karya terbaiknya di kancah nasional maupun internasional,” pungkas Robby.