Kaprodi S2 Ilmu Politik UPNVJ Ardli Johan Kusuma saat memberikan pemaparan seputar pemilu kepada masyarakat di Desa Tebing, Bangka Barat, 23-24 Mei 2023. (UPNVJ)

Prodi S2 Ilmu Politik UPN Veteran Jakarta Sosialisasikan Masyarakat Cerdas Pemilu di Bangka Barat

Loading

Bangka (Independensi.com) – Program studi magister Ilmu Politik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta melakukan sosialisasi membangun desa cerdas pemilu untuk mewujudkan pemilu ideal tahun 2024.

Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai bentuk implementasi program pengabdian kepada masyarakat, yang dilaksanakan dengan bekerjasama  dengan Program studi Ilmu Politik, Universitas Bangka Belitung.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan di Desa Tebing, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat.

Menurut Ardli Johan Kusuma, selaku ketua program studi S2 Ilmu Politik UPNVJ, yang sekaligus sebagai ketua tim pelaksana kegiatan tersebut kepada Independensi com menjelaskan bahwa, “sosialisasi ini dilakukan dengan maksud memberikan edukasi kepada masyarakat. “Kami berharap melalui edukasi ini membantu masyarakat, khususnya masyarakat di Desa Tebing untuk menjadi mayarakat yang cerdas pemilu, dengan memberikan pengetahuan-pengetahuan seputar pemilu, khususnya tentang isu-isu yang menjadi tantangan bagi terselenggaranya pemilu yang ideal, seperti politik uang, kampanye hitam, hoax, politik identitas, serta ujaran kebencian,”kata Ardli.

Ranto sebagai pemateri yang mewakili tim dari UBB menghimbau terutama bagi masyarakat desa tebing sebagai pemilih cerdas dan jangan sampai termakan isu politik uang serta isu hoax yang belum terverifikasi pemberitaannya.

“Desa tebing sebagai desa yang memiliki partisipasi pemilu tertinggi dan selalu mendapatkan penghargaan dari KPU jangan sampai termakan isu politik uang dan isu hoax, desa tebing memiliki potensi yang cukup besar sebagai partisipan dan tentunya serangan politik uang serta isu hoax akan muncul di tengah-tengah masyarakat,”ungkap Ardli.

Sementara itu, Kepala desa tebing Saimi, mengungkapkan sangat mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini untuk menjadikan masyarakat desa tebing menjadi masyarakat yang cerdas pemilu.

“Kami sangat merasa tersanjung kedatangan tamu dari upn jakarta dan ubb, terutama materi yang diberikan oleh narasumber mudah-mudahan dapat menjadikan masyarakat tebing sebagai pemilih cerdas untuk pemilu di tahun 2024,”ujarnya saat membuka acara, Selasa (23/5).

Para peserta kegiatan dalam hal ini masyarakat di desa Tebing, juga menyambut baik diselenggarakannya kegiatan pengabdian ini.

Salah satau peserta Asnen, mengungkapkan bahwa “Masyarakat desa Tebing sangat senang menjadi peserta dalam acara ini, karena kami bisa mendapatkan pengetahuan-pengetahuan untuk menyikapi pemilu yang akan dilaksanakan tahun 2024, untuk mencapai terselenggaranya pemilu yang ideal,”kata Asnen.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 23-24 Mei 2023 tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan pemilu pada tahun 2024 yang ideal.