Sukanti Swastikawati, Pengabdian Tak Henti Untuk Membangun Negeri

Loading

Bali (Independensi.com) – Tatapan hari terbias di wajah Sukanti Swastikawati menatap talenta berbakat anak negeri yang melalui seni budayanya mampu menembus lintas batas dunia. Dirinya bertekad terus mengawal potensi anak-anak negeri agar mampu menunjukkan citra bangsa di mata internasional. Darah seni yang mengalir dan totalitasnya dalam upaya mendukung pelestarian seni budaya berbagai daerah di Indonesia memang layak diacungi jempol. Dirinya kini fokus dalam berbagai aktivitas pelestarian seni budaya Nusantara serta menjaga warisan budaya.

Memasuki masa purna Bhakti menjadi abdi negara sebagai Kepala Pelabuhan Manggar Bangka Belitung dirinya membaktikan sepenuhnya anak-anak dari pelosok negeri agar memberikan kontribusinya mengharumkan nama bangsa lewat seni dan budaya.


“Bali International Charity Fashion & Culture Festival 2023 di Bali menjadi perwujudan mereka dalam memperagakan raham Senin budaya Nusantara,” kata Sukanti Swastikawati, SH. MM. Direktur PELITA MICE group ketika ditemui di Hotel Tusita Kuta, Sabtu, 3 Juni 2023.

Dirinya merasa puas dan bangga dengan performa anak-anak binaannya yang tampil memikat para pengung di Beachwalk Shopping Mall, Kuta Bali, pihaknya mengaku sedang mempersiapkan ‘Roadshow To Penang’ Malaysia akhir Juni mendatang dengan membawa rombongan anak-anak penuh talenta membawakan ragam seni budaya Nusantara, tak terkecuali anak-anak dari Papua.

Kepiawaian Sukanti yang pernah memimpin operasionalisasi berbagi pelabuhan di Indonesia sangat mengagumkan sehingga selepasnya berkarya, berbagai pihak maupun organisasi mendaulatnya untuk memperkuat kinerjanya dalam memimpin, dari mulai organisasi IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia, KKI (Komunitas Kain & Kebaya Indonesia), KADIN (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Kabupaten Banyuwangi maupun Dewan Penasehat PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Kabupaten Banyuwangi pernah digelutinya.

Kecintaannya akan budaya terlihat dari aktivitasnya di KKI (Komunitas Kain & Kebaya Indonesia) dan yang tak henti-hentinya mendorong perempuan Indonesia untuk mengenakan kebaya. Sebab kebaya dapat dipadupadankan dengan busana untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Dalam dunia pendidikan, dirinya juga aktif menjadi Widyaiswara Poltekbang Dosen Lembaga Diklat Penerbangan Dirgantara Aviation Banyuwangi dan Surabaya.

 

Kini, di PELITA MICE group dirinya mencurahkan sepenuhnya segenap ide dan pikirannya untuk mengangkat potensi dan talenta anak-anak dari seluruh pelosok Indonesia lewat seni dan budaya untuk mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional.

 

Nama : SUKANTI SWASTIKAWATI, SH. MM.
Tempat, Tanggal lahir : BANYUWANGI.22 NOVEMBER 1957
Agama : ISLAM
Alamat : Perum Gardenia Blok G no 76
Banyuwangi
Pekerjaan : Pensiunan PNS Kemenhub/ Pengusaha.
Hoby : Menyanyi dan Traveling
Pendidikan : S2

Pengalaman Pekerjaan
1. Kepala Administrator Pelabuhan Banyuwangi
2. Kepala Pelabuhan Kalbut Situbondo
3. Kepala Pelabuhan Brondong Tuban
4. Kepala Pelabuhan Manggar Bangka Belitung
5. Widyaiswara Poltekbang
Dosen Lembaga Diklat Penerbangan
Dirgantara Aviation Banyuwangi dan Surabaya
6. Direktur PT. Radhitya Avio Jasa
7. Direktur PT ELANO.KUSUMA SHIPPING
8. Direktur Pelita Mice

ORGANISASI

– Wakil Ketua Dewan Pertimbangan KADIN anyuwangi
– Dewan Penasehat PHRI Banyuwangi
– Wakil Ketua PARFI Jatim
– Bendahara IWAPI DPD Prov Jatim
– Ketua I KKI DPP jkt
– Ketua KKI DPC Banyuwangi

Penghargaan-penghargaan
-Wanita Pengusaha Berprestasi Teladan tingkat Jawa Timur
– Wanita Pengusaha Berprestasi Teladan Tingkat Nasional
– Ratu Kebaya Malaysia
– Tokoh Wanita Inspiratif Pelestari Kebaya Kab Banyuwangi