Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan saat menghadiri Lebaran Bekasi . (humas)

Lebaran Bekasi: Wadah Menyatukan Keberagaman Masyarakat

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik menegaskan, dirinya siap mendorong alokasi anggaran untuk kegiatan Lebaran Bekasi pada tahun yang akan datang, agar lebih meriah dan menampilkan lebih banyak lagi keragaman seni dan budaya.

“Saya berharap kepada Disbudpora agar secara khusus untuk mengalokasikan anggaran untuk kegiatan Lebaran tahun depan dan kami siap untuk mendorong menganggarkan dari DPRD,” ujarnya.

BN Holik mengatakan, Lebaran Bekasi adalah acara yang harus didukung karena menghadirkan berbagai seni budaya yang dapat menyatukan semua etnis, menampilkan keberagaman untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan memberikan edukasi tentang budaya yang beragam di Indonesia.

Lebaran Bekasi juga meningkatkan sinergitas antara para pegiat seni budaya, pemerintah daerah, Forkopimda, berbagai organisasi dan media.

Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Bekasi, mengapresiasi acara Lebaran Bekasi 2023 sebagai wujud dan simbol dalam memperkokoh tali persaudaraan serta silaturahmi antar warga Kabupaten Bekasi dan antar etnis di Nusantara.

Hal tersebut dikatakan Kadisbudpora, Iman Nugraha, saat menghadiri kegiatan Lebaran Bekasi tahun 2023, yang dibuka secara langsung oleh Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan, di Saung Jajaka Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara, kemarin.

Sementara itu, Ketua Jajaka Nusantara, Damin Sada menjelaskan, Lebaran Bekasi merupakan lebaran spesial bagi warga Kabupaten Bekasi. Acara tersebut merupakan wadah yang menyatukan semua keberagaman masyarakat majemuk di Kabupaten Bekasi.

“Lebaran ini bukan lebaran biasa, tapi lebaran luar biasa, jadi Lebaran Bekasi yaitu lebaran semua suku, agama, etnis, dan semua masyarakat yang ada di Kabupaten Bekasi. Dan di ini sudah yang keenam kalinya digelar,” ucapnya.

Dia menuturkan, sebanyak 90 etnis perwakilan yang menghadiri acara tersebut telah bersama-sama mendeklarasikan Indonesia Damai Jelang Pemilu 2024.

“Temanya itu dengan silaturahmi kita ciptakan kedamaian di Kabupaten Bekasi menuju tahun politik 2024,” tuturnya.

Dia berharap, tradisi yang digelar setiap setahun sekali ini, semakin baik nantinya serta semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan dengan seluruh pihak dalam menyambut tahun politik 2024 dengan suasana yang aman. (jonder sihotang)