Uji coba mesin penjernih air di Polder Aren Jaya Kota Bekasi disaksikan Wakil Wali Kota Tri Adhianto (humas)

Mesin Penjernih Air Diujicoba Manfaatkan Polder

BEKASI (IndependensI.com)- Pemkot Bekasi Jawa Barat, kini melakukan uji coba mesin penjernih air. Teknologi penjernih air ini merupakan karya anak bangsa bernama Adrich Tech System. Uji coba dilakukan di Polder  Air,  Kelurahan Aren Jaya Bekasi Timur, Selasa (27/4/2021).

Mesin ini  terlebih dahulu dipergunakan oleh Dinas Bina Marga Sumber Daya Air (DBMSDA) DKI Jakarta. Mesin  dapat mengolah beberapa jenis air seperti air laut atau air payau yang dirubah menjadi air layak pakai untuk keperluan mandi, bahkan untuk keperluan konsumsi untuk minum.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto melihat bagaimana kemampuan mesin saat dioperasikan. Dan saat itu, Rian, teknisi mesin penjernih air  mengungkapkan PH air yang di olah bisa diseting sesuai kebutuhan.  Jika kebutuhannya untuk air bersih saja, bisa diseting agar air memiliki PH 4 sampai 6,5.

Dan jika kebutuhannya untuk keperluan konsumsi bisa diseting agar PH air tersebut memiliki PH 7 sampai 10. Jadi  PH bisa kita seting sesuai kebutuhan, katanya.

Tri Adhianto melihat peluang untuk mengadakan mesin tersebut agar dapat dioperasionalkan untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Bekasi terkait air bersih.

Ia berharap mesin tersebut mampu  menjawab persoalan kebutuhan air bersih dan bisa menjadi solusi bagi keluhan warga masyarakat terhadap kualitas air PDAM Kota Bekasi. Beberapa Polder air di Kota Bekasi, menjadi potensi sebagai air baku untuk diolah menjadi air bersih. (jonder sihotang)