Pembersihan sampah peringati hari lingkungan hidup sedunia di Kota Bekasi . (humas)

Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Tanam Pohon, Lepas Bibit Ikan dan Tinggalkan Kemasan Plastik

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Plt Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengingatkan agar mulai dari sekarang masyarakatkan sungguh-sungguh meninggalkan kemasan plastik sekali pakai,  dan menggantinya dengan wadah-wadah ramah lingkungan.

Penjelasan itu diungkapkan saat menghadiri puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023 yang dipusatkan di Danau Duta Harapan, kemarin.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni. Setiap tahunnya dirayakan dengan tema yang berbeda-beda dan pada tahun 2023 ini mengusung tema ‘Beat Plastic Pollution’ yakni seruan untuk bertindak guna mengurangi sampah plastik dan mencari solusinya.

Pada acara “Ramah Tamah Minim Plastik” yang menjadi tema peringatan hari lingkungan hidup di Kota Bekasi, dilakukan penanaman pohon di sekitar danau, pelepasan bibit ikan ke danau, dan juga pemberian cairan Eco-Enzyme ke air danau guna menjernihkan danau dari ganggang lumut.

“Peran aktif pemerintah dengan diiringi kesadaran tinggi dari masyarakat sangat diperlukan untuk menangani persoalan sampah plastik dengan mengurangi dan bahkan menghentikan penggunaan plastik sekali pakai dengan menggantinya. Botol plastik ganti dengan botol minum, kantong plastik ganti dengan ‘reusable bag’, ganti plastik pembungkus makanan dengan wadah yang ‘food grade’ dan aman, serta terapkan daur ulang sampah plastik dengan mengolahnya menjadi barang serbaguna yang bernilai ekonomis,” katanya. (jonder sihotang)